Peningkatan Pengetahuan Segmenting, Targeting, Positioning serta Value Proposition Canvas Untuk Peningkatan Usaha pada UKM Produk Makanan Ringan “Mola” Kota Bandung

Authors

  • Teguh Iman Basuki Program Studi Keuangan dan Perbankan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi Ekuitas, Bandung, Indonesia
  • Dodi Supriyanto Program Studi Keuangan dan Perbankan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi Ekuitas, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52250/p3m.v9i2.787

Keywords:

positioning, segmenting, targeting, value proposition canvas

Abstract

Business competition is very tight, marked by many companies that cannot survive long, so that efforts and strategies are needed from business actors, many of which are not optimal in implementing marketing strategies and producing products to meet the needs and desires of customers. Likewise, many MSMEs are unable to survive due to inability and limited resources and knowledge. They are able to produce and sell goods without having adequate knowledge about the advantages of their products, as well as the target market they are targeting, and do not even understand at all whether the products they make and sell are in accordance with the wishes and needs of consumers, in their minds the important thing is that the goods they produce and sell are bought by consumers. Mola as one of the healthy food producers in the city of Bandung is also still not optimal in carrying out these activities so that the growth of its products remains, even tends to decline, even though the strategies they implement are quite good by utilizing social media and marketplaces. Community service is intended to provide increased knowledge to business actors so that they are able to grow and develop. The methods in implementing community service include, first, the preparation stage, namely by conducting direct reviews and interviews to obtain various information related to the problem, second, the socialization stage, namely by conveying the achievements and direction of the activity and third, the implementation stage, namely compiling a marketing strategy design and value proposition canvas. The results of this activity are that the perpetrators are able to understand the material and contribute to helping develop a marketing strategy in order to be able to compete. 

Keywords: positioning, segmenting, targeting, value proposition canvas

 

Abstrak

Persaingan bisnis sangat ketat ditandai dengan banyak perusahaan yang tidak bisa bertahan lama sehingga diperlukan usaha dan strategi dari para pelaku bisnis, banyak yang belum optimal dalam penerapan strategi pemasaran dan menghasilkan produk dalam memenuhi apa yang diperlukan dan kehendak pelanggan. Demikian juga banyak UMKM yang tidak mampu bertahan hidup karena ketidakmampuan dan keterbatasan sumber daya serta pengetahuan. Mereka mampu memproduksi dan menjual barang tanpa memiliki pengetahuan yang memadai mengenai keunggulan produk mereka, serta pasar sasaran yang mereka targetkan, bahkan tidak paham sama sekali apakah produk yang mereka buat dan jual sesuai dengan kehendak dan keperluan konsumen, dalam pikiran mereka yang penting barang yang mereka produksi dan jual dibeli oleh konsumen. Mola sebagai salah satu produsen makanan sehat di kota Bandung juga masih belum optimal dalam melaksanakan kegiatan tersebut sehingga pertumbuhan produknya tetap, bahkan cenderung menurun, meskipun strategi yang mereka terapkan sudah cukup baik dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace. Pengabdian kepada masyarakat ditujukan untuk memberikan peningkatan pengetahuan kepada pelaku bisnis agar mampu tumbuh dan berkembang. Metode dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat antara lain pertama, tahap persiapan yaitu dengan melakukan peninjauan langsung dan wawancara agar memperoleh berbagai informasi terkait permasalahan, kedua, tahap sosialisasi yaitu dengan menyampaikan capaian dan arah dari kegiatan dan ketiga tahap pelaksanaan yaitu menyusun desain strategi pemasaran serta value proposition canvas. Hasil kegiatan ini pelaku usaha mampu memahami materi serta berkontribusi dalam membantu menyusun strategi pemasaran agar mamapu bersaing.

Kata kunci: positioning, segmenting, targeting, value prosition canvas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, T. I., & R.T, D. R. D. (2023). Kajian Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5596–5600. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17118

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value proposition design: How to create products and services customers want. Wiley. https://www.wiley.com/en-us/Value+Proposition+Design%3A+How+to+Create+Products+and+Services+Customers+Want-p-9781118968055

Fadhila, A., & Cahyono, A. B. (2017). Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Blitar. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 2–7. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.23451

Febrian, L. D., & Kristianti, I. (2020). Identifikasi Faktor Eksternal dan Internal Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM (Studi Kasus Pada Umkm di Kabupaten Magelang). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i1.799

Lating, A., & Qubro, M. H. (2021). Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning Melalui Strategi Pemasaran Di Pt Gijutsu Digital Indonesia. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 97–107. http://j-adbis.polinema.ac.id/index.php/adbis/article/download/122/114

Lusinta, A. D. A., Titin, T., & Azizah, L. N. (2019). Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada Ukm Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Jurnal Manajemen, 4(2), 907. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.249

Mahabbah, H. I. N., & Mawardi, A. I. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada UMKM Alief Onion`s. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 183–189.

Novel, S. M. P. B., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Value Proposition Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (JIAGABI), 10(2), 1–11.

Ratnawili, D. F. (2023). Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Baju Di PTM Bengkulu. Jurnal Ekombis Review, Vol 11, No, 463–470.

Syamsurizal, S., Tardan, H., Rustanto, A. E., & Lestari, R. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pemberian Discount Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Agus Production. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 322. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.534

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. CV ANDI OFFSET.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Penerbit ANDI.

Wutabisu, H., Indriani, S., & Priyasmanu, T. (2021). Stretegi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Poso. Jurnal Valtech, 4(2), 217–225. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/download/3874/2824

Yonasari. A, Wuryanti.L, W. I. (2023). ANALISIS PENGARUH STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP). Jurnal Manajemen JEJAMA Malahayai, 2, No.2, 1–10.

Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia. Jurnal Transborder, 3(1), 15–34. https://doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746

Downloads

Published

2025-07-10