PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA JUAL DAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PERAJIN TAS RANSEL DI DESA SANGKAN HURIP KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Hery Syaerul Homan SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
  • Deni Hamdani SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
  • Siska Willy SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS

DOI:

https://doi.org/10.52250/p3m.v5i2.356

Keywords:

Cost, Pemasaran, Pricing

Abstract

Pelatihan perhitungan biaya produksi, penetapan harga jual dan strategi pemasaran ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mitra dalam menghitung biaya produksi berdasarkan pesanan, menentapkan harga jual dan menerapakan strategi pemasaran yang tepat. Lokasi pelatihan dilakukan di tempat usaha perajin tas ransel di Desa Sangkan Hurip Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan studi kasus terapan sebanyak 8 sesi pelatihan pada bulan Februari hingga Maret 2020 dengan durasi 90 menit setiap sesinya. Peserta pelatihan diajarkan materi mengenai konsep dasar biaya dan klasifikasinya, perhitungan biaya produksi berdasarkan pesanan, metode dalam penetapan harga jual dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh mitra dalam menjalankan usahanya. Pelatihan berhasil diikuti oleh mitra hingga selesai dengan tingkat pemahaman yang baik berdasarkan evaluasi pada post-test yang dilaksanakan di setiap pertemuan. Penulis menyarankan agar mitra dapat menerapkan hasil pelatihan ini secara konsisten sehingga dapat mengetahui besarnya laba-rugi yang diperoleh serta dapat meningkatkan usahanya dengan menerapakan strategi pemasaran yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-30