Penyuluhan dan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS): Mengajarkan Anak TK Hidup Sehat dan Bersih Sejak Dini

Authors

  • Endrico Xavierees Tungka Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • David David Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Suriyani Suriyani Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Alfred Pakpahan Porgram Studi Sarjana Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • John Steward Castellano Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Sisca Sisca Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52250/dbe.v10i1.1011

Keywords:

clean and healthy habits; , early childhood, training

Abstract

Counseling on clean and healthy living behavior among kindergarten children is highly urgent, considering that early childhood is a golden age in the formation of healthy living habits that will extend into adulthood. At this stage of development, children begin to absorb various information and form routines, so early healthy living behaviour education has the potential to create a sustainable healthy lifestyle. One important aspect clean and healthy living that is the main focus is the habit of washing hands properly according to the WHO six-step standard. This activity aims not only to provide direct education to kindergarten children, but also to raise awareness of teachers and parents as important figures in the process of mentoring and reinforcing healthy behaviors. The methods used in the educating are designed to be interactive and engaging for 30 children, including educational games, fun animated videos, and hands-on handwashing practice sessions under the supervision of health workers and educators. Post-activity evaluations showed that approximately 90% of children actively participated, and 80% of them were able to correctly state the six steps of handwashing. Furthermore, children demonstrated increased independence in handwashing, including using soap, rubbing palms, backs of hands, between fingers, and nails, and rinsing with clean water. This ability is a key indicator of the intervention's success. By collaboratively involving schools and families, this outreach program has proven effective in instilling a culture of clean living from an early age.
Keywords: clean and healthy habits, early childhood, training

 

Abstrak

Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan anak Taman Kanak-kanak (TK) memiliki urgensi yang sangat tinggi, mengingat usia dini merupakan masa emas dalam pembentukan kebiasaan hidup sehat yang akan membentang hingga masa dewasa. Pada tahap perkembangan ini, anak mulai menyerap berbagai informasi dan membentuk rutinitas, sehingga edukasi PHBS yang diberikan secara dini berpotensi menciptakan pola hidup sehat yang berkelanjutan. Salah satu aspek penting dari PHBS yang menjadi fokus utama adalah kebiasaan mencuci tangan dengan benar menurut standar enam langkah WHO. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan edukasi langsung kepada anak-anak TK, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran guru dan orang tua sebagai figur penting dalam proses pendampingan dan penguatan perilaku sehat. Metode yang digunakan dalam penyuluhan dirancang secara interaktif dan menarik bagi 30 anak-anak TK dan orang tua, meliputi permainan edukatif, tayangan video animasi yang menyenangkan, serta sesi praktik langsung mencuci tangan di bawah pengawasan tenaga kesehatan dan pendidik. Evaluasi pasca-kegiatan menunjukkan bahwa sekitar 90% anak aktif berpartisipasi, dan 80% di antaranya mampu menyebutkan keenam langkah mencuci tangan secara tepat. Lebih lanjut, anak-anak menunjukkan peningkatan kemandirian dalam melakukan cuci tangan, termasuk penggunaan sabun, menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela jari, kuku, hingga membilas dengan air bersih. Kemandirian ini menjadi indikator keberhasilan utama dari intervensi. Dengan melibatkan sekolah dan keluarga secara kolaboratif, penyuluhan ini terbukti efektif dalam menanamkan budaya hidup bersih sejak dini.
Kata kunci: PHBS, anak usia dini, penyuluhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ayyubi, I. I., Noerzanah, F., Herlina, A., Halimah, S., & Sa’adah, S. (2024). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dalam pembelajaran anak usia dini. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 83–90. https://doi.org/10.63018/jpi.v2i02.26

Anggraini, I. R., & Pati, P. P. D. (2021).The Relationship between Parents’ Behavior and the Implementation of PHBS Habits in Children During the COVID 19 Pandemic. Jurnal Keperawatan, 12(2), 45–55. https://doi.org/10.22219/jk.v12i2.16766

Cecep, C., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui metode demonstrasi (Efforts to improve learning concentration of young children through demonstration methods). Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.51277/jt.v3i1.636

Chrisnawati, Y., & Suryani, D. (2020). Relationship between attitudes, parenting patterns, role of parents, teachers, facilities and clean and healthy behavior. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1101–1110. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.484

Ekaningtyas, T. S. (2020). Peran orang tua dalam pendidikan kesehatan anak usia dini ditinjau dari latar belakang sosial ekonomi dan pendidikan[Artikel Penelitian]. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,4(2), 720–728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.366

Herawati, D. (2023). Strategi keberlanjutan program PHBS di lembaga PAUD melalui integrasi kurikulum dan kolaborasi lintas sektor. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 156–165. https://doi.org/10.31004/jpaud.v7i2.789

Herdianti, N., E., Y. A., & Iskandar, R. (2024). Meningkatkan kemampuan cuci tangan melalui metode gerak dan lagu pada anak usia dini di PAUD KB Perintis 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 41689–41695. https://doi.org/10.52266/jptam.v8i3.20200

Iman, D. P. (2024). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di TKIT Harapan Bunda Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 4(1), 23–37. https://doi.org/10.30984/ijece.v4i1.849

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tatanan institusi pendidikan. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. https://promkes.kemkes.go.id/phbs-pendidikan-2020

Majzub, R. M., & Salim, E. J. H. (2011). Parental involvement in selected private preschools in Tangerang, Indonesia. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 15(1), 4033–4039. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.409

Manalu, T. T., & Winardi, Y. (2025). Investigating low attention span in kindergarten 3 learners: A case study at Sekolah XYZ. Polyglot Jurnal Ilmiah, 21(1), 142–158. https://doi.org/10.19166/pji.v21i1.8684

Meidita, A., Suryati, T., & Fadilah, N. (2022). Implementasi PHBS di lingkungan sekolah dasar: Tinjauan sarana prasarana dan peran guru. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.20473/jkm.v10i1.2022.45-52

Mulyaningsih, T., Mohanty, I., Gebremedhin, T., Miranti, R., & Widyaningsih, V. (2023). Does access to water, sanitation, and hygiene improve children’s health? An empirical analysis in Indonesia. Development Policy Review, 41(5), Article e12706. https://doi.org/10.1111/dpr.12706

Novia, B. O., & Listiana, A. (2022). Peran pendidik anak usia dini berdasarkan kajian teori belajar sosial kognitif Albert Bandura. *CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6*(3), 123–131. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17708

Nugraheni, P. L., Zulfa, V., & Rahmawati, A. (2024). Sanitation and Hygiene in Early Childhood Development. Di dalam Proceedings of the 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023) (hlm. 200–209). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-301-6_20

Nurhidayah, L., Pramudita, D. A., & Lestari, W. (2021). Evaluasi hasil belajar anak usia dini melalui observasi perkembangan perilaku. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 234–243. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Rukmini, R., Ramadhani, D. Y., & Merke Mamesah, M. (2024). Optimalisasi health literacy melalui bermain pada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat anak prasekolah. Community Development in Health Journal, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.37036/cdhj.v2i1.525

Shalihat, H. M., Ningsih, R. W., & Farida, N. (2024). Pengaruh metode demonstrasi dalam kegiatan sains terhadap aspek kognitif anak usia 4–6 tahun. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 17–24. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i2.5097

Sisca, S., Kurniawan, Y., Hartanti, M. D., & Orliando Roeslan, M. (2025). Improving Early Childhood Tooth Brushing Habits: A Case Study at TK Kristen Anugerah Jakarta. Room of Civil Society Development, 4(2), 290–297. https://doi.org/10.59110/rcsd.558

Suen, L. K. P., Hung, K. F., Wong, S. Y. S., Ng, Y. T., & Lai, R. F. C. (2020). Effectiveness of “Hand Hygiene Fun Month” for kindergarten children: A quasi experimental study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 7264. https://doi.org/10.3390/ijerph17197264

UNICEF. (2023). Annual report 2023: Towards a “Golden Indonesia” that puts children first. UNICEF (Indonesia).

Wartini, N. K. S., Jampel, I. N., & Tirtayani, L. A. (2024). Penerapan metode demonstrasi dalam kegiatan mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak (fine motor skills) di TK Negeri Pembina Tegalalang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5855

World Health Organization. (2020). Global standards and indicators for health-promoting schools (Draft 3). Geneva: World Health Organization.

Wolf, J., Hunter, P. R., Freeman, M. C., Cumming, O., Clasen, T., Bartram, J., … Prüss Ustün, A. (2018). Impact of drinking water, sanitation and handwashing with soap on childhood diarrhoeal disease: Updated meta analysis and meta regression. Tropical Medicine & International Health, 23(5), 508–525. https://doi.org/10.1111/tmi.13051

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Xavierees Tungka, E., David, D., Suriyani, S., Pakpahan, A., Steward Castellano, J., & Sisca, S. (2025). Penyuluhan dan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS): Mengajarkan Anak TK Hidup Sehat dan Bersih Sejak Dini. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.52250/dbe.v10i1.1011