PENINGKATAN KINERJA USAHA KOPI MELALUI PELATIHAN KEUANGAN SEDERHANA, PEMASARAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENGUSAHA KEDAI KOPI DI UJUNGBERUNG

  • Dwi Puryati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Susinah Kuntadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Teguh Iman Basuki STIE Ekuitas
Keywords: Keuangan, Pemasaran, Specialty Coffee, Sumber Daya Manusia

Abstract

Pesatnya pertumbuhan peminum kopi di Indonesia yaitu 8% yang melebihi pertumbuhan peminum kopi dunia (6%) berimbas pada peningkatan jumlah industri kopi.  Selain itu perkembangan industri juga dipengaruhi oleh industri kopi dunia.  Peningkatan yang signifikan terjadi pada industri hilir sebagaimana terlihat pada maraknya kafe-kafe dan kedai kopi di berbagai daerah. Di daerah Ujungberung Bandung bermunculan kedai-kedai kopi baik yang kecil maupun yang besar. Namun demikian, kedai-kedai kopi kecil di daerah Ujungberung masih belum mampu menghadapi persaingan dengan kedai-kedai kopi yang sudah dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya pembinaan dalam manajemen usaha. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman pengelolaan keuangan, pemasaran secara online dan peningkatan kompetensi barista maupun manajemen sumber daya manusia. Setelah mengikuti pelatihan, terjadi pemingkatan pemahaman pelaku usaha kedai kopi di wilayah Ujungberung yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan, pencatatan sederhana, pengemasan dan pemasaran online. Selain itu pemahaman dan keterampilan mereka dalam membuat dan menyajikan produk terutama specialty coffee juga mengalami peningkatan. Dengan pengabdian ini diharapkan kedai-kedai kopi kecil di di wilayah  Ujungberung dapat meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan pemasaran, sehingga omzet dan  kinerja keuangan pun meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-27