STRATEGI MENINGKATKAN PEMASARAN UNGGAS KAMI MELALUI DESAIN PACKAGING DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS EMKM

  • Ade Imam Muslim STIE EKUITAS
  • Fitri Lestari STIE EKUITAS
  • Tri Widiastuty STIE EKUITAS
Keywords: Laporan Keuangan EMKM, Packaging

Abstract

Masalah utama yang dialami oleh UNGGAS KAMI adalah mesin penetas telur baru memiliki satu dengan kapasitas 1000 telur, semakin banyak mesin penetas telur maka semakin banyak produksi telur untuk menghasilkan DOD. Setiap mesin penetas harus ada thermostat, thermometer dan hygrometer. Sehingga apabila mesin penetas bertambah, maka thermostat, thermometer dan hygrometer pun harus ada. Inipun berpengaruh pada suplai listrik atau genset, karena mesin penetas telur menggunakan listrik selama proses penetasan 28 hari sehingga untuk mengantisipasi ketika suplai listrik dari PLN padam tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dapat menggunakan genset. Kapasitas genset yang dimiliki 2kva, oleh karena itu apabila mesin penetas bertambah kapasitas genset juga bertambah.  Selain itu, perputaran uang untuk modal megalami kendala dikarenakan banyaknya piutang yang tidak tercatat. Terkait belum memahami penyusunan laporan keuangan. Saat ini mitra belum menyusun laporan keuangannya dan belum paham dalam menghitung modal, biaya produksi, piutang dan laba kotor. Dari segi pemasaran, mitra akan ditawarkan packaging telur asin supaya memiliki daya jual lebih dan tidak hanya DOD yang dipasarkan melalui internet tetapi telur asin juga dapat dipasarkan melalui media promosi yang efektif. Pembenahan pemasaran dengan pemasangan plang nama. Saat ini mitra tidak memiliki identitas atau plang nama di lokasi pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-25