Penguatan Konsep Sistem Pendengaran, Pembau, dan Perasa pada Komunitas Guru Biologi Sidoarjo

  • Hebert Adrianto Universitas Ciputra
  • Jemima Lewi Santoso Universitas Ciputra
  • Olivia Tantana Universitas Ciputra
  • Novi Widia Rahayu Universitas Ciputra
  • Anacy Simproza Melania Themone Universitas Ciputra
  • Najmul Laila Universitas Ciputra
Keywords: Teacher, Biology, Ear, Nose, Tongue

Abstract

The hearing, smell, and taste systems are important parts of humans because they function to respond to the surrounding environment. People of all ages often ignore ear hygiene and health. Nasal disorders are a disease that is often found in society. The community service activities were attended by high school biology teachers in Sidoarjo City. This activity is based on the results of observations with partners about learning needs and learning topics that are considered difficult by the teacher. Teachers have a role in forming good and healthy behavior for students. This community service aims to reinforce biological material concepts on the topic of hearing, smell, and taste systems to high school Biology MGMP teachers. The way to carry out community service is in the form of concept imposition. Activity stages include pre-activity, during-activity, and post-activity. The concepts given to participants are the hearing, smell, and taste systems. The results of the activity include participants taking part in the activity during three face-to-face meetings. The first meeting used Zoom. The second and third meetings were at the school. The participant with the high score gets the Human Ear Anatomy Model. There was an increase in the post-test score compared to the pre-test score after participants followed the material with the resource person, amounting to 33.53% at the first meeting and 89.42% at the second meeting. This activity can be held again through a laboratory practicum and experience-based learning for the next project.

Keyword: Teacher, Biology, Ear, Nose, Tongue

Abstrak

Sistem pendengaran, pembau, dan perasa merupakan salah satu indera penting pada manusia yang berfungsi untuk merespon lingkungan di sekitarnya. Masyarakat segala umur sering mengabaikan kebersihan dan kesehatan telinga. Gangguan penyakit pada hidung adalah penyakit yang sering dijumpai di masyarakat. Kegiatan ini didasari hasil observasi dengan mitra kebutuhan belajar dan topik belajar yang dianggap sulit oleh guru. Guru memiliki peran membentuk perilaku baik dan sehat kepada siswa. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan konsep materi biologi topik sistem pendengaran, pembau, dan perasa kepada MGMP Biologi Sidoarjo. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa penguatan konsep. Kegiatan dilaksanakan pada guru biologi di Sekolah Menengah Atas di Sidoarjo. Tahapan kegiatan meliputi pra-kegiatan, saat kegiatan, dan pasca kegiatan. Konsep yang diberikan kepada peserta adalah sistem pendengaran, pembau, dan perasa. Hasil kegiatan meliputi peserta mengikuti kegiatan selama tiga kali tatap muka. Pertemuan pertama dilaksanakan secara online dengan zoom. Pertemuan kedua dilaksanakan secara offline di sekolah. Peserta dengan nilai terbaik mendapatkan souvenir berupa torso sistem indera telinga. Ada peningkatan nilai post-test dibandingkan nilai pre-test setelah peserta mengikuti materi dengan narasumber, sebesar 33,53% pada pertemuan pertama dan 89,42% pada pertemuan kedua. Kegiatan ini dapat diadakan kembali dengan praktikum laboratorium dan pembelajaran berbasis pengalaman untuk kegiatan selanjutnya.

Kata kunci: Guru, Biologi, Telinga, Hidung, Lidah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, & Hadi, S. (2023). Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru.

Fatmawati, F., & Anjarsari, P. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), Article 2.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Marlina, S. (2018). Peningkatan Sikap Sosial Anak Usia Dini melalui Permainan Taman Kanak. XIV.

Media, K. C. (2022, February 24). Atomic Habits, Membangun Kebiasaan Baik dari Hal-Hal Kecil yang Membawa Perubahan Besar. KOMPAS.com. https://buku.kompas.com/read/957/atomic-habits-membangun-kebiasaan-baik-dari-hal-hal-kecil-yang-membawa-perubahan-besar

Parwoto. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (CPBL) terhadap Kreativitas Anak dalam Bermain Komputer. https://doi.org/10.21009/JPUD.111

Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Rahman, A. Y. (2023). Pengaruh Kebutuhan dan Keinginan terhadap Tingkat Permintaan Skincare Santri Thoriqul Huda Ponorogo dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating.

Rifai, A. B. (2019). Permainan Kartu Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Daya Serap Belajar Siswa (Nahwu). Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.18196/mht.2112

Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2126

Sweniti, I. A. P. (2020). Pengembangan Media Panggung Boneka Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29423

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini agar Dapat Tumbuh dan Berkembang sebagai Generasi Bangsa Harapan di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (n.d.). Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Retrieved March 18, 2024, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22563

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video sebagai Media Pembelajaran. 234–237. https://eprints.ummi.ac.id/354/

Published
2024-05-07