Pengimplementasian Strategi SEO dan Pengindeksan UMKM Toko Sandang Soen Fashion
Abstract
This journal aims to investigate and analyse the effective strategies of search engine optimization (SEO) for Soen Fashion, a clothing store located in Blitar, East Java, to enhance it’s online visibility and attract a larger consumer base. In tandem with technological advancements, businesses must evolve to remain relevant. Similarly, in the field of marketing, staying abreast of developments is essential for continued relevance. Digital marketing encompasses various techniques to optimize online activities. SEO is a crucial digital marketing technique, encompassing both on page and off page optimization factors within a website. Through three methodological approaches, surveys and interviews, consultations, and mentoring, the results indicate that Soen Fashion’s visibility and website presence have materialized in Google search results. Furthermore, the optimization and indexing efforts undertaken will facilitate Soen Fashion’s online marketing endeavors in the future. The implementation of these strategies is essential for staying relevant and competitive in the dynamic landscape of digital marketing.
Keyword : digital marketing, SEO, clothing store
Abstrak
Jurnal ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis strategi efektif dari search engine optimization (SEO) toko sandang Soen Fashion yang berlokasi di Blitar (Jawa Timur), dalam meningkatkan visibilitas online dan menarik lebih banyak konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi, semua kegiatan dalam dunia bisnis juga mengikuti perkembangan tersebut agar tetap relevan. Begitu juga dengan perkembangan dunia marketing, yang dapat dikatakan jika bisnis yang dijalankan harus mengikuti perkembangan agar lebih relevan dan mutakhir. Dalam digital marketing juga ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan adanya kegiatan digital marketing. SEO sendiri adalah salah satu teknik dalam digital marketing yang dimana memiliki dua faktor pengoptimalannya dalam website, yaitu SEO on page dan SEO off page. Dengan 3 metode pendekatan yang dilakukan, yaitu survey dan wawancara, konsultasi, dan pendampingan, didapatkan hasil bahwa visibilitas dari Soen Fashion dan website Soen Fashion sudah muncul dalam hasil pencarian Google. Selain itu dengan pengoptimalan dan pengindeksan yang telah dilakukan akan mempermudah pemasaran online Soen Fashion untuk kedepannya. Implementasi dari strategi tersebut sangat penting bagi bisnis untuk tetap relevan dan bersaing dalam dinamis pemasaran digital.
Kata Kunci : digital marketing, SEO, toko sandang
Downloads
References
Artanto, H., Nurdiyansyah, F., & Widyagama Malang, U. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), 1(2). http://info.cern.ch/
Aulia Rachmawati, D., Revandityo Shije, P., Septarina Fatwa, K., Armansyah, W., Oka Warmana, G., & Helmy Dimayanti Sukiswo, W. (n.d.). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.
Bejinaru, R. (2021). Key issues of tranzition to digital entrepreneurship. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, 15(1), 91–101. https://doi.org/10.2478/picbe-2021-0009
Chaffey, D. (2019, October 23). Digital marketing. Smart Insights. https://www.davechaffey.com/digital-marketing-glossary/digital-marketing/
Ekonomi, J., dan Bisnis, K., Arifin, B., Muzakki, A., & Wahyu Kurniawan, M. (n.d.). EKOMBIS Sains KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN.
Ho, S. C., & Chen, J. L. (2023). Developing the e-commerce competency for entrepreneurship education from a gamified competition. International Journal of Management Education, 21(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100737
Kasus, S., Pengrajin Alas Kaki SIMBA Purwokerto, P., & Dwi Riyanto, A. (2016). Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google. In JUITA (Vol. 2). www.simbandol.com
Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) PADA WEBSITE DALAM STRATEGI PEMASARAN MELALUI INTERNET (Vol. 5, Issue 2). http://info.cern.ch/
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., Mukuan, D. D. S., Ilmu, J., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).
Rosyadah, K., Wikartika, I., Strategi, P., Digital, P., Umkm, P., Pak, K. M., Sebagai, T., Peningkatan, U., Produk, P., Program, ), Manajemen, S., & Kunci, K. (2023). INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4, 1894–1901. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3
Roumeliotis, K. I., & Tselikas, N. D. (2022). An Effective SEO Techniques and Technologies Guide-map. Journal of Web Engineering, 21(5), 1603–1650. https://doi.org/10.13052/jwe1540-9589.21510
Savekar, V. V, & M, C. (2021). DIGITAL MARKETING AS A TOOL FOR EFFECTIVE ADVERTISEMENT. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(9), 158–167.
Widiawati, K., Yuliani, T., sitasi, C., & Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek Jurnal Administrasi Kantor, S. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 276–294.
Yalçin, N., & Köse, U. (2010). What is search engine optimization: SEO? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 487–493. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.185
Zamroni, M. I., Diana, A., & Achadiani, D. (2022). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA TOKO FAJAR COLLECTION (Vol. 19, Issue 1).
Copyright (c) 2024 Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.