PENGIMPLEMENTASIAN STRATEGI SEO dan PENGINDEKSAN UMKM TOKO SANDANG SOEN FASHION

  • Annisa Roisita Tsany Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ira Wikartika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis strategi efektif dari search engine optimization (SEO) untuk toko sandang Soen Fashion yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur dalam meningkatkan visibilitas online dan menarik lebih banyak konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi, semua kegiatan dalam dunia bisnis juga mengikuti perkembangan tersebut agar tetap relevan. Begitu juga dengan perkembangan dunia marketing, yang dapat dikatakan jika bisnis yang dijalankan harus mengikuti perkembangan agar lebih relevan dan mutakhir. Dalam digital marketing juga ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan adanya kegiatan digital marketing. SEO sendiri adalah salah satu teknik dalam digital marketing yang dimana memiliki dua faktor pengoptimalannya dalam website, yaitu SEO on page dan SEO off page. Dengan 3 metode pendekatan yang dilakukan, yaitu survey dan wawancara, konsultasi, dan pendamingan, didapatkan hasil bahwa visibilitas dari Soen Fashion dan website Soen Fashion sudah muncul dalam hasil pencarian Google. Selain itu dengan pengoptimalan dan pengindeksan yang telah dilakukan akan mempermudah pemasaran online Soen Fashion untuk kedepannya. Implementasi dari strategi tersebut sangat penting bagi bisnis untuk tetap relevan dan bersaing dalam dinamis pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artanto, H., Nurdiyansyah, F., & Widyagama Malang, U. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS), 1(2). http://info.cern.ch/

Aulia Rachmawati, D., Revandityo Shije, P., Septarina Fatwa, K., Armansyah, W., Oka Warmana, G., & Helmy Dimayanti Sukiswo, W. (n.d.). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Bejinaru, R. (2021). Key issues of tranzition to digital entrepreneurship. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, 15(1), 91–101. https://doi.org/10.2478/picbe-2021-0009

Chaffey, D. (2019, October 23). Digital marketing. Smart Insights. https://www.davechaffey.com/digital-marketing-glossary/digital-marketing/

Ekonomi, J., dan Bisnis, K., Arifin, B., Muzakki, A., & Wahyu Kurniawan, M. (n.d.). EKOMBIS Sains KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN.

Ho, S. C., & Chen, J. L. (2023). Developing the e-commerce competency for entrepreneurship education from a gamified competition. International Journal of Management Education, 21(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100737

Kasus, S., Pengrajin Alas Kaki SIMBA Purwokerto, P., & Dwi Riyanto, A. (2016). Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google. In JUITA (Vol. 2). www.simbandol.com

Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) PADA WEBSITE DALAM STRATEGI PEMASARAN MELALUI INTERNET (Vol. 5, Issue 2). http://info.cern.ch/

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., Mukuan, D. D. S., Ilmu, J., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).

Rosyadah, K., Wikartika, I., Strategi, P., Digital, P., Umkm, P., Pak, K. M., Sebagai, T., Peningkatan, U., Produk, P., Program, ), Manajemen, S., & Kunci, K. (2023). INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4, 1894–1901. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3

Roumeliotis, K. I., & Tselikas, N. D. (2022). An Effective SEO Techniques and Technologies Guide-map. Journal of Web Engineering, 21(5), 1603–1650. https://doi.org/10.13052/jwe1540-9589.21510

Savekar, V. V, & M, C. (2021). DIGITAL MARKETING AS A TOOL FOR EFFECTIVE ADVERTISEMENT. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(9), 158–167.

Widiawati, K., Yuliani, T., sitasi, C., & Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek Jurnal Administrasi Kantor, S. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 276–294.

Yalçin, N., & Köse, U. (2010). What is search engine optimization: SEO? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 487–493. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.185

Zamroni, M. I., Diana, A., & Achadiani, D. (2022). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA TOKO FAJAR COLLECTION (Vol. 19, Issue 1).

Published
2024-04-05