PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SDIT AL IMAM KUNINGAN

  • Nunu Nugraha Universitas Kuningan
  • Dadan Nugraha Universitas Kuningan
Keywords: Inovasi, Kahoot, Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi

Abstract

During the COVID-19 pandemic, the transition from offline to online learning paradigms presents a significant challenge for the government, teachers, parents, and students. Online learning is one of the attempts made by the institution to facilitate the learning process. One of the barriers to implementing online learning is the teacher's capacity to grasp technology, particularly the utilization of learning programs. Teachers must be able to incorporate technology into learning, which necessitates knowledge and application. SDIT Al Imam Kuningan hosted this community service program. The goal of this program is to train instructors on how to use the Kahoot learning platform. Kahoot is a game-based learning platform that is utilized as instructional technology in schools and other educational institutions. This curriculum employs a lecture and practice technique. This training session lasted one day and was attended by instructors from the school. Based on the outcomes of the training activities, the instructors can engage in the training with great enthusiasm. Teachers can utilize the Kahoot platform as a medium of learning and assessment for students according to the simulations and practices that have been carried out. Trainees can create their own questions and upload them to the Kahoot platform. The Kahoot platform is a tool for teaching and learning innovation.

Keywords: Innovation, Kahoot, Learning, Training, Technology.

 

ABSTRAK

Perubahan pembelajaran dari model pembelajaran luring menjadi daring di masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar baik bagi pemerintah, guru, orang tua, serta peserta didik. Pembelajaran daring menjadi salah satu upaya dilakukan oleh pihak sekolah agar proses pembelajaran dapat tetap dilaksanakan. Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi khususnya penggunaan aplikasi untuk pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring. Guru harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dan hal ini dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDIT Al Imam Kuningan. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada para guru dalam pemanfaatan platform Kahoot untuk pembelajaran. Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan yang digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya. Metode yang digunakan dalam PKM yaitu ceramah dan praktik. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh guru-guru di sekolah. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, para guru dapat mengikuti pelatihan dengan sangat antusias. Melalui simulasi dan praktik yang telah dilakukan, para guru sudah dapat menggunakan platform Kahoot sebagai salah satu media pembelajaran dan evaluasi bagi siswa. Peserta pelatihan dapat menyusun soal dan menerapkannya pada platform Kahoot. Platform Kahoot menjadi salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam inovasi pembelajaran.

Kata kunci: Inovasi, Kahoot, Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrisyah, A., Aditya, B. R., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Jannah, F., & Nurhas, I. (2021). Pembuatan Soal Kuis Interaktif Berbasis Kahoot! dan Quizziz di Lingkungan Guru PAUD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6).

Awiria, A., Prawira, A. Y., Dariyanto, D., & Pujayanah, I. S. (2022). PELATIHAN MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN GOOGLE FORM, KAHOOT DAN QUIZZIZ DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1). https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i1.2173

Harmelia, H., Amelia, D., & Agusti, A. (2022). Bimtek Penggunaan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Daring Pada Guru Smpn 30 Padang. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(2), 620–626. https://doi.org/10.52250/p3m.v6i2.407

Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1). https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130

Jamiludin, J., Darnawati, D., Uke, W. A. S., & M, A. P. A. (2020). Pelatihan Media Kahoot Pada Guru Dalam Proses Evaluasi Belajar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.9661

Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (SD) PADA GURU. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999

Naziah, S. T., Hamdani Maula, L., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109–120.

Rahim, R., Siregar, R. F., & Ramadhani, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kahoot untuk Pembelajaran Matematika secara Daring di SMK Nahdlatul Ulama Medan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.240

Rahmawati, E., Musayyanah, M., & Triwidyastuti, Y. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA ERA PENDIDIKAN 4.0 DI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN SAMPANG. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i2.2785

Supriatna, D., & Karmudiandri, A. (2020). MICROSOFT OFFICE 365 DAN KAHOOT! ALAT BANTU BELAJAR-MENGAJAR YANG MENYENANGKAN BAGI PENGAJAR DAN GENERASI MILENIAL DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 1(1). https://doi.org/10.47841/adpi.v1i1.30

Tóth, Á., Lógó, P., & Lógó, E. (2019). The effect of the kahoot quiz on the student’s results in the exam. Periodica Polytechnica Social and Management Sciences, 27(2). https://doi.org/10.3311/PPso.12464

Zhang, Q., & Yu, Z. (2021). A literature review on the influence of Kahoot! On learning outcomes, interaction, and collaboration. Education and Information Technologies, 26(4). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10459-6

Published
2022-12-28