PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SDIT AL IMAM KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.52250/p3m.v7i1.566Keywords:
Inovasi, Kahoot, Pembelajaran, Pelatihan, TeknologiAbstract
During the COVID-19 pandemic, the transition from offline to online learning paradigms presents a significant challenge for the government, teachers, parents, and students. Online learning is one of the attempts made by the institution to facilitate the learning process. One of the barriers to implementing online learning is the teacher's capacity to grasp technology, particularly the utilization of learning programs. Teachers must be able to incorporate technology into learning, which necessitates knowledge and application. SDIT Al Imam Kuningan hosted this community service program. The goal of this program is to train instructors on how to use the Kahoot learning platform. Kahoot is a game-based learning platform that is utilized as instructional technology in schools and other educational institutions. This curriculum employs a lecture and practice technique. This training session lasted one day and was attended by instructors from the school. Based on the outcomes of the training activities, the instructors can engage in the training with great enthusiasm. Teachers can utilize the Kahoot platform as a medium of learning and assessment for students according to the simulations and practices that have been carried out. Trainees can create their own questions and upload them to the Kahoot platform. The Kahoot platform is a tool for teaching and learning innovation.
Keywords: Innovation, Kahoot, Learning, Training, Technology.
ABSTRAK
Perubahan pembelajaran dari model pembelajaran luring menjadi daring di masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar baik bagi pemerintah, guru, orang tua, serta peserta didik. Pembelajaran daring menjadi salah satu upaya dilakukan oleh pihak sekolah agar proses pembelajaran dapat tetap dilaksanakan. Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi khususnya penggunaan aplikasi untuk pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring. Guru harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dan hal ini dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDIT Al Imam Kuningan. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada para guru dalam pemanfaatan platform Kahoot untuk pembelajaran. Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan yang digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya. Metode yang digunakan dalam PKM yaitu ceramah dan praktik. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh guru-guru di sekolah. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, para guru dapat mengikuti pelatihan dengan sangat antusias. Melalui simulasi dan praktik yang telah dilakukan, para guru sudah dapat menggunakan platform Kahoot sebagai salah satu media pembelajaran dan evaluasi bagi siswa. Peserta pelatihan dapat menyusun soal dan menerapkannya pada platform Kahoot. Platform Kahoot menjadi salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam inovasi pembelajaran.
Kata kunci: Inovasi, Kahoot, Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi.