SIMULASI TRY-OUT USBN ONLINE SEBAGAI LANGKAH ALTERNATIF PERSIAPAN PESERTA DIDIK MENGGAPAI KELULUSAN DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Herri Sulaiman Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon
  • Fuad Nasir Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon
  • Tonah Tonah Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon
Keywords: Simulasi Try-Out Online, USBN, Peserta Didik, Pandemi COVID 19

Abstract

Wabah COVID 19 menyebabkan pelayanan umum seperti sekolah tutup dan siswa belajar secara online di rumah. Menanggapi permasalahan tersebut, Kemendikbud RI menghapus Ujian Nasional (UN). Namun, UN dihapus bukan berarti tidak ada ujian, pada tahun 2021 ujian yang ada ialah USBN. Menindaklanjuti celah tersebut, tim PKM sigap memahami hal ini dan membuat suatu produk pembelajaran digital berbasis web sy (Pramuditya, 2019)stem learning yang dikhususkan untuk kegiatan evaluasi hasil belajar yaitu Try Out USBN online untuk peserta didik kelas 6 SD. Tujuan dari kegiatan PKM ini sebagai ajang latihan untuk mengetahui kemampuannya sesuai dengan mata pelajaran yang dujikan. Selain itu, di masa pandemi ini, guru-guru merasa kesulitan membuat evaluasi hasil belajar selain tugas-tugas yang diberikan. Karena kemampuan akademiknya tidak terlalu terlihat, sehingga dengan adanya kegiatan ini guru-guru merasa terbantu dan dapat menilai peserta didik sesuai dengan kemampuannya melalui ujian online ini. Link Try Out dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menggunakan fiturnya dengan mudah melalui smartphone mereka. Selain itu, web system learning ini dikenalkan pula kepada kepala sekolah dan guru-guru melalui kegiatan lokakarya untuk dipakai sekolah pada pembelajaran online, yaitu bahan test ataupun evaluasi hasil belajar siswa di kegiatan pembelajaran selanjutnya di masa pandemi COVID 19 saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irmawan, W., Sulaiman, H., & Santi D.P.D. (2021). Penerapan Strategi Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Apotema Jurnal, 7(1), 81-93.

Pramuditya, S.A., & Sulaiman, H. (2019). Analisis Kebutuhan Game Edukasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Materi Prasyarat Persamaan Diferensial. Euclid Jurnal, 6(1), 74-83.

Santi, D.P.D., Sulaiman, H., & Kurnia, M.D. (2019). Pemanfaatan Timbangan dari Limbah Kayu dan Buku Pop-Up Sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Di SLB Tunagrahita Gugus Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Cirebon. Al-Khidmat Jurnal, 2(2), 43-49.

Santi, D.P.D., Sulaiman, H., & Kurnia, M.D. (2020). Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Buku Pop Up di SLB Tunagrahita Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX”19-20 November 2019 Purwokerto, 9(1), 583-591.

Sulaiman, H., Hapsari, T., Tonah., & Nasir, F. (2020). Simulasi Aplikasi Tryout Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK) online di SMA Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1), 138-147.

Published
2022-03-28