STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK DAN SALE PISANG AMALIA MELALUI DIGITAL MARKETING
Abstract
Kabupaten Sumedang tumbuh dan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Sebagai faktor pendorong perubahan tersebut tercermin dengan adanya sektor industri yang didominasi oleh industri mikro, kecil dan menengah yang salah satu diantaranya adalah pengusaha industri kecil sale dan kripik pisang Merek Amalia. Pengusaha ini berada di desa Citali RT1 RW1 Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, dan merupakan peserta UMKM Jabar serta pernah menjadi Juara UMKM berkinerja baik pada tahun 2019. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk membantu memasarkan produk industri yang kondisinya belum bisa memasarkan produk secara digital marketing. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan memberikan penyuluhan, pelatihan pemasaran secara online (media sosial), pendampingan kepada owner agar setiap saat mampu berbisnis secara online dan toko yang offline serta memberikan bantuan berupa alat pengering (spinner) dan sealer dengan tujuan agar produk sale dan kripik bisa mempunyai waktu periode lama dan tidak cepat rusak. Melalui kegiatan pengabdian ini pemilik sale dan kripik pisang Amelia mampu melakukan proses produksi sale dan kripik lebih baik, tahan lama dan tidak cepat rusak, dan mampu memasarkan produknya lebih luas lagi melalui digital marketing.