PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARANPADA UMKM CLOTHING – UNSCARRED

  • Kannya Prawirasasra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Terra Saptina Maulani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
Keywords: Clothing, Laporan Keuangan, Strategi Pemasaran, Unscarred

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu kota kreatif di dunia, hal tersebut ditandai dengan berkembangnua industri kreatif di berbagai bidang. Salah satu sektor yang paling berpotensi adalah di bidang fashion, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pertumbuhan distro, clothing dan factory outlet. Salah satu clothing yang telah berdiri sejak tahun 2015 adalah UNSCARRED. Usaha ini masih tergolong UMKM, dengan target pasar nya adalah anak muda berbasis komunitas Skater. Semakin berkembangnya industri ini menimbulkan persaingan yang tidak dapat dihindarkan baik dari dalam kota maupun luar kota karena menyasar pasar yang sama, maka dari itu perlunya mempernahankan usaha agar tidak kalah persaingan dengan dilakukannya strategic marketing plan. Tidak hanya persoalan di bidang pemasaran, hambatan lain yang dihadapi oleh usaha ini adalah tidak adanya pencatatan keuangan yang sistematis dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai keuangan, terbatasnya alat bantu dalam membuat laporan keuangan yang terdapat di pasaran memiliki harga yang relatif mahal, serta minimnya modal, mengakibatkan perusahaan tidak memiliki SDM yang berkompeten dalam menyusun laporan keuangan. Dengan dilakukannya pengabdian ini berupa Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Perencanaan Strategi Pemasaran Pada UMKM Clothing – UNSCARRED dapat membantu pelaku usaha meningkatkan keterampilan sebagai bekal untuk bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-27