Peningkatan Pengetahuan Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kolang-Kaling Di Kelurahan Jatirejo Semarang

  • William Ben Gunawan Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Safrilina Husnun Nisa Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Alexander Ivan Gunawan Departemen Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
Keywords: Strategi Bisnis, UMKM, Pengabdian Masyarakat, Edukasi, Jatirejo

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play an important role in improving community welfare, income distribution, and the distribution of goods and services. Although MSMEs are also affected by the contraction of economic activities, MSMEs have various potentials and resilience in developing the Indonesian economy. During the COVID-19 pandemic, KOKOLAKA MSME in Jatirejo suffered economic impacts and urgent challenges that need to be addressed. This community service aims to produce business strategy education modules and hold socializations to increase knowledge related to business strategies for MSMEs KOKOLAKA Jatirejo. The activity was carried out in the period from July to September 2021 in Jatirejo Village, Gunungpati District, Semarang City. Service activities begin with the collection of information, the preparation of modules, the implementation of socialization and education, and analysis and evaluation. There are differences in the knowledge of KOKOLAKA MSME’s personnel regarding business strategies before and after receiving significant education (p<0,000). The escalation of business strategies covering aspects of partnerships, distribution channels, transaction channels, and marketing as well as visuals is expected to increase revenue from KOKOLAKA MSMEs as a form of resilience to economic pressures during the COVID-19 pandemic. For further development, this activity can be held again with a larger number of participants or in the form of a program design that can measure the implementation of the participants’ knowledge from this educational program. Programs such as education about product innovation can also be held to support the sustainability of MSME businesses.

Keywords: Business Strategy, UMKM, Community Service, Education, Jatirejo.

 

Abstrak 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan komunitas, kemerataan pendapatan, serta pendistribusian barang dan jasa. Meskipun UMKM turut terkena dampak dari kontraksi kegiatan ekonomi, UMKM memiliki berbagai potensi dan resiliensi dalam mengembangkan ekonomi Indonesia. Pada masa pandemi COVID-19, UMKM KOKOLAKA terkena dampak ekonomi dan urgensi tantangan yang harus dihadapi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menghasilkan modul edukasi strategi bisnis dan mengadakan edukasi-sosialisasi agar dapat meningkatkan pengetahuan terkait strategi bisnis pada UMKM KOKOLAKA Jatirejo. Kegiatan dilaksanakan pada periode Juli sampai dengan September 2021 di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Kegiatan pengabdian diawali dengan pengumpulan informasi, penyusunan modul, implementasi sosialisasi-edukasi, dan analisis serta evaluasi. Terdapat perbedaan pengetahuan pelaku UMKM KOKOLAKA mengenai strategi bisnis sebelum dan sesudah mendapatkan edukasi secara signifikan (p<0.000). Eskalasi strategi bisnis yang meliputi aspek kemitraan, saluran distribusi, saluran transaksi, dan pemasaran serta visual diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari UMKM KOKOLAKA sebagai bentuk resiliensi terhadap tekanan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Untuk pengembangan lebih lanjut, kegiatan ini dapat diadakan kembali dengan jumlah partisipan yang lebih besar ataupun dilakukan tindak lanjut berupa perancangan program yang dapat mengukur implementasi secara mandiri dari partisipan program edukasi ini. Program lain seperti edukasi terkait inovasi produk juga dapat diselenggarakan untuk menunjang kelangsungan bisnis UMKM.

Kata kunci: Strategi Bisnis, UMKM, Pengabdian Masyarakat, Edukasi, Jatirejo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eduwisata Kandri dan Sirayu-Jatirejo Kecamatan Gunungpati dengan Sistem Connecting Door. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 349–358.

Anwar, A., Inanna, I., & Nurjannah, N. (2021). PKM Edukasi Bisnis: Manajemen Usaha Pada Usaha Gerabah. Seminar Nasional Hasil Pengabdian "Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19, 502–508.

Chimucheka, T. (2013). The Impact of Entrepreneurship Education on the Establishment and Survival of Small, Micro and Medium Enterprises (SMMEs). Journal of Economics, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.1080/09765239.2013.11884975

Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 137–145. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Gunawan, W. Ben, Afifah, D. N., Rahadiyanti, A., Fitranti, D. Y., & Rustanti, N. (2022). Karakterisasi minuman probiotik kombucha gula aren dengan potensi antidiabetes. Diponegoro University.

Gunawan, W. Ben, Kesiananda, T. A., Jannah, S. K., Sutiyati, C., Afifah, D. N., & Nissa, C. (2022). Food Distribution Before and During the COVID-19 Pandemic at the Nutrition Installation of Tugurejo Regional General Hospital Semarang: A Descriptive Study. Jurnal Online Keperawatan Indonesia, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.51544/keperawatan.v5i2.3453

Gunawan, W. Ben, & Rachmani, M. (2022). Pelatihan soft skill sebagai strategi eskalasi promosi UMKM di desa eko–eduwisata Kandri dan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 34–38. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21009

Gunawan, W. Ben, Sari, D. K., & Nashera, A. (2022). Diversifikasi dan Inovasi Produk Berbahan Dasar Kolang-Kaling di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. SEMANGGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 111–123. https://doi.org/10.38156/sjpm.v1i02.128

Halik, R. A. F., Rifin, A., & Jahroh, S. (2020). Pengaruh Kemtraan Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil Tahu di Indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 8(2), 164–174. https://doi.org/10.29244/jai.2020.8.2.164-174

Kadeni, K., & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Manoppo, J. I. C., Rahimi Bahar, M., Nurkolis, F., Mayulu, N., Gunawan, W. B., Chairiyah Batubara, S., Satria Augusta, P., Astuti Taslim, N., & J Mantik, M. F. (2021). Cookies High in Antioxidants from the Combination of Lactobacillus Reuteri with Mango Juice as a Functional Food Candidate for Children with Functional Digestive. Annals of R.S.C.B., 25(6), 6598–6601.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297.

Suharyati, S., & Ediwarman, E. (2019). Edukasi Fintech dan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7251

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Suryana, A. T., & Burhanuddin, B. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM Kopi: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(1), 117–128. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.01.117-128

Taufik, T., Masjono, A., Kurniawan, I., & Karno, K. (2020). Peranan Platform Food Delivery Service dalam Mendukung Marketing Mix UKM di Masa New Normal. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 121–130. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.426

Published
2023-03-10