Pelatihan Optimasi Media Sosial Dan Google Profil Bisnis pada BUMDes Manunggal Jaya Desa Nunggal Rejo

  • Dani Anggoro Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sudarmaji Sudarmaji Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dedi Irawan Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
  • Danang Prabowo Program Studi S1 Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: BUMDesa, Digital Marketing, UMKM, Google Business Profile, Sosial Media

Abstract

BUMDesa Manunggal Jaya, Nunggal Rejo Village is a business entity managed by Nunggal Rejo village officials, Punggur District, Central Lampung Regency. BUMDesa was formed in order to improve the economy of the villagers. One of the efforts made is to help sell and introduce products belonging to micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the village. From the results of interviews with the chairman of BUMDesa Manunggal Jaya Desa Nunggal Rejo, BUMDesa currently has outlets for MSME products but because they are not in the center of the crowd, when outside working hours or on holidays, the outlets are empty of visitors. Based on this, the community service team worked closely with BUMDesa officials to create training activities to optimize their social media and Google Business Profiles to help BUMDesa sell and introduce Nunggal Rejo village MSME products online. The method used in this activity is Participatory Action Research (PAR). The service team explores the problems that occur, carries out outreach activities, designs the expected target results, carries out the planned activities and evaluates the success of the activities. The results of the activity are increasing partner capabilities in terms of creating content and compiling copywriting for sales and introducing products on social media and Google Business Profiles. The results of this activity are increasing turnover for partners, increasing people's understanding and skills in digital marketing and being able to create a website with a Google site.

Keywords: BUMDesa, Digital Marketing, UMKM, Google Business Profile, Social Media.

 

Abstrak  

BUMDesa Manunggal Jaya, Desa Nunggal Rejo adalah badan usaha yang dikelola oleh aparat Desa Nunggal Rejo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah. BUMDesa dibentuk dalam rangka meningkatkan perekonomian warga desa. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membantu penjualan dan memperkenalkan produk milik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa tersebut. Dari hasil wawancara dengan ketua BUMDesa Manunggal Jaya Desa Nunggal Rejo, saat ini BUMDesa telah memiliki gerai produk UMKM namun karena letaknya bukan di pusat keramaian, saat di luar jam kerja atau hari libur, gerai tersebut sepi pengunjung. Berdasarkan hal tersebut tim pengabdian masyarakat bekerja sama dengan perangkat BUMDesa membuat kegiatan pelatihan untuk mengoptimasi media sosial dan Google Profil Bisnis yang dimiliki guna membantu BUMDesa menjual dan memperkenalkan produk UMKM Desa Nunggal Rejo secara online. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu Participatory Action Research (PAR). Tim pengabdian menggali masalah yang terjadi, melaksanakan sosialisasi kegiatan, merancang target hasil yang diharapkan, melaksanakan kegiatan yang direncanakan dan mengevaluasi keberhasilan kegiatan. Hasil dari kegiatan yaitu peningkatan kemampuan mitra dalam hal membuat konten dan menyusun copywriting untuk penjualan dan memperkenalkan produk di media sosial dan Google Profil Bisnis. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan omset pada mitra, peningkatan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam pemasaran digital serta mampu membuat website dengan google site.

Kata kunci: BUMDesa, Digital Marketing, Google Profil Bisnis,  UMKM, Media Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, M. R. R. S. (2016). PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PADA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PEDESAAN STUDI PADA BUMDES DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA. MODUS, 28(2), 155. https://doi.org/10.24002/modus.v28i2.848

Diana, L., Ariyel, J., Putri, A. N., Sabrina, M., & Marketing, P. D. (2022). PEDAMPINGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI. Jurnal Abdimas Patikala, 2(1), 442–447.

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301

Hamzah, Y. S., Lestari, U. P., Malik, A., Negara, P., Wachid, A., Aziz, N., Putra, D. P., & Tradisional, J. (2022). PELATIHAN COPYWRITING DAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM SENTRA USAHA DI KELURAHAN BUAH BATU KOTA BANDUNG. JABDI KAMI Urnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 95–105.

Juli Sulaksono, N. Z. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal /Vol.4, 4(1), 103–112.

Lumintang, J., & Waani, F. J. (2019). PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA KOKA DAN DESA KEMBES 2 KECAMATAN TOMBULU. The Studies of Social Sciences, 2(1), 15. https://doi.org/10.35801/tsss.2020.2.1.26895

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Unisba, 2(1), 59–62.

Padil, M., Miftahusyai’an, M., & Mulyoto, G. P. (2021). Pendampingan Pemasaran Digital Hasil Usaha Badan Usaha Milik Desa “Selo Angon Makmur” dalam Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 250–267. https://doi.org/10.29062/engagement.v5i1.511

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29–44. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/535

Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 76. https://doi.org/10.22146/bip.28943

Risa Dwi Ayuni, Sitna Hajar Malawat, A. N. A. S. (2022). SOSIALISASI PEMANFAATAN GOOGLE BUSINESS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI PENGUSAHA PENGINAPAN DI BANJARBARU. PROSIDING HASIL-HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN, 1–5.

Saiful Rahman Y, Gunawan Eko N, Zahroh Z A, Endang W, N., & Erlyasari. (2022). PELATIHAN COPY WRITING BAGI WIRAUSAHA MILENIAL DI KOTA. Seminar Nasional Ke 8 LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.Yogyakarta., 165–175.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sholicha, N., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008, Pasal 1 tentang Usaha Mikro

Published
2023-03-27