PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERSTANDAR JURNAL ELEKTRONIK TERAKREDITASI BAGI GURU DI KABUPATEN MAJALENGKA

  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka https://orcid.org/0000-0001-7080-1821
  • Dadang Sudirno Universitas Majalengka
  • Mohamad Gilar Jatisunda Universitas Majalengka
  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
  • Vici Suciawati Universitas Majalengka
Keywords: Guru, Jurnal Elektronik, Karya Ilmiah, Pelatihan, Publikasi

Abstract

Membuat karya tulis ilmiah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengambangkan kompetensi profesionalnya. Dengan menulis karya ilmiah, guru dapat mengembangkan kemampuan menulisnya, mengembangkan diri agar mampu mengintegrasikan gagasan serta menuangkannya secara terstruktur. Namun kenyataanya guru masih kesulitan dalam membuat karya tulis ilmiah. Kondisi ini terlihat dari rendahnya hasil uji kompetensi guru, terutama pada ranah pedagogik dan profesional. Rendahnya kompetensi guru terjadi di beberapa daerah di Indonesia termasuk para guru di Kabupaten Majalengka. Rendahnya kompetensi guru di Kabupaten Majalengka terungkap dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG). Rata-rata hasil UKG Kabupaten Majalengka pada tahun 2018 hanya sebesar 58,91. Kondisi inilah yang menggugah penulis untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian berupa pelatihan kepada guru. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru mampu membuat karya tulis ilmiah yang diterbitkan pada jurnal elektronik. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan seminar, diskusi, pelatihan dan pendampingan. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru mengenai karya tulis ilmiah, khususnya artikel jurnal ilmiah serta meningkatnya jumlah karya ilmiah yang diunggah ke jurnal elektronik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Idrus, S. W., Anwar, Y. A. S., Hakim, A., & Saprizal, S. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.34

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Alfabeta.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT Bumi Aksara.

Gunawan, Imam, Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Kemdibud. (2018). Data Uji Kompetensi Guru. Neraca Pendidikan Daerah. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kusjono, G., Suprianto, S., Syamruddin, S., Lubis, I., & Nasution, A. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(1), 117–138. https://doi.org/10.33753/ijse.v1i1.9

Lestari, M., Faozanudin, M., & Puspita, D. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Publikasi Ilmiah Guru Pns Di Smp Negeri 1 Rembang Dan Smp Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 4(1). https://doi.org/10.52447/ijpa.v4i1.1121

Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.739

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.31949/jb.v1i2.234

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Bagi Guru Profesional Di SMA N 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2459

Nurhadi, A. (2018). Guru Majalengka Dilatih Penulisan Karya Ilmiah. Jabarnews. https://jabarnews.com/read/59566/

Suandi, I. N. (2008). Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, 4(1), 510–531. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1738

Sukarno. (2016). Kendala dan Upaya Pengembangan Keprofesian Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 601–610. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8981/

Sumartini, S., Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Demak. Jurnal Puruhita, 1(1), 54–59. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/article/view/28644

Wiharto, W., Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan Guru Sma Kabupaten Klaten Dalam Rangka Publikasi Ilmiah Dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 185. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942

Yulhendri, Y., Marna, J. E., & Oknaryana, O. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 56. https://doi.org/10.24036/01104530

Published
2022-03-28