BIMTEK PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SMPN 30 PADANG

  • Harmelia Harmelia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Deni Amelia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Anatia Agusti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Bimtek, Google Form, Pembelajaran Daring, SMP 30 Padang

Abstract

Kegiatan ini diusulkan dengan pertimbangan bahwa perlunya edukasi dan pengetahuan kepada para guru-guru dalam mempersiapkan media pembelajaran yang mudah untuk diakses dan memiliki tampilan yang menarik sehingga kegiatan belajar di masa pandemi COVID-19 dapat berjalan dengan lancar melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).Permasalahan yang diperoleh di lapangan ialah para guru-guru yang masih banyak belum mengenal aplikasi pembelajaran online yang dapat digunakan untuk memudahkan kegiatan belajar jarak jauh, salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi sederhana seperti Google Form. Metode yang digunakan adalah metode edukasi dengan mensosialisasikan aplikasi Gogle Form kepada para guru secara langsung. Setelah dilakukan pemberian pretest dan postest kepada para guru untuk mengetahui tingkat kemajuan dari pelatihan ini maka diperoleh hasil bahwanya 85% dari para guru yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan baik dan benar, sehingga dapat dikatakan bahwa luaran untuk PKM telah berhasil. Pemanfaatan aplikasi Google Form sebagai media pembelajaran saat pandemi dapat dijadikan sebagai latihan, kuis dan tugas. Google Form akan sangat mudah untuk dioperasikan baik guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Social Dan Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(5).

Hamdan. (2016). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1).

Mardiana, T., & Purnanto, W. A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. University Research Colloquium, 183–188. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/download/1582/701

Nurmatin, E. M. & S. (2020). Pemanfaatan Google form Sebagai Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pipah, S. ngafifah. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186

Tamba, E. (2012). Pemanfaatan Google Docs untuk sarana penunjang Pendidikan komunitas pembelajaran TIK.

Tyastirin, I. A. J. and E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2).

Wibawanto. (2020). Pemanfaatan Googleform Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Atasi Penyebaran COVID-19

Published
2022-03-28