LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI MILLENNIAL DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Dina Sartika UNIVERSITAS PADJADJARAN
  • Arie Widyastuti UNIVERSITAS PADJADJARAN
  • Mery Citra Sondari UNIVERSITAS PADJADJARAN
Keywords: Generasi Millennial, Investasi, Literasi Keuangan, Manajemen Keuangan

Abstract

Penelitian tentang perilaku keuangan menunjukkan bahwa Generasi Millennial lebih banyak menghabiskan uang untuk konsumsi daripada menabung dan investasi. Gaya hidup konsumtif tersebut disebabkan tuntutan gaya hidup dan rendahnya literasi keuangan di kalangan millennial. Lebih lanjut, maraknya perusahaan investasi yang menjanjikan kemudahan dan keuntungan yang besar dalam waktu singkat juga perlu diantisipasi guna mencegah kejahatan atau penipuan yang marak terjadi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan keuangan pribadi. Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan millennial agar mereka dapat mengelola keuangan dengan baik. Disamping itu, kegiatan ini juga memberikan informasi mengenai berbagai instrumen keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi millennial dengan mempertimbangkan keuntungan dan risiko dengan bijak.  Sasaran kegiatan ini meliputi generasi millennial di Indonesia. Kegiatan dilakukan secara virtual melalui Live Instagram dan telah disaksikan oleh 580 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.

Chen, H., & Volpe, R. . (1998). An analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Financial Services Review, 7(2), 107–128.

Clark, R., Lusardi, A. & Mitchell, O. S. (2017). Financial Knowledge And 401 (K) Investment Performance: A Case Study. Journal Of Pension Economics & Finance, 16, 324-347.

Gitman, L., Joehnk, M. & Billingsley, R. (2013). Personal Financial Planning, Nelson Education.

Hussain, I., & Sajjad, S. (2016). Significance of Financial Literacy and It’s Implications: A Discussion. Journal of Business Strategies, 10(2), 141–154.

Huston, S. J. (2012). Financial Literacy And The Cost Of Borrowing. International Journal Of Consumer Studies, 36, 566-572.

Jacob, K., Hudson, S. & Bush, M. (2000). Tools For Survival: An Analysis Of Financial Literacy Programs. Woodstock Institute, Jan.

Karvof, A. (2013). Kaya Dengan Cepil, Elex Media Komputindo.

Keown, A. J. & Hanna, S. D. (2003). Personal Finance: Turning Money Into Wealth.

Lusardi, A. & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance Of Financial Literacy: Theory And Evidence. Journal Of Economic Literature, 52, 5-44.

Ney, P. G., Fung, T. & Wickett, A. R. (1992). Causes Of Child Abuse And Neglect. The Canadian Journal Of Psychiatry, 37, 401-405.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Prayustika, A. P., Suryadi, I. G. I., Arsawan, E. W. I., & Widiantara, M. I. (2020). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(2), 262–267. https://doi.org/10.4324/9780429344015-2

Rosdiana, R. (2020). Investment Behavior in Generation Z and Millennial Generation. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(5), 766–780. https://doi.org/10.38035/DIJEFA

Yolanda, Y., & Tasman, A. (2020). Pengaruh Financial Literacy dan Risk Perception terhadap Keputusan Investasi Generasi Millennial Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(1), 144. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8533.

Published
2021-03-30