PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA JUAL DAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PERAJIN TAS RANSEL DI DESA SANGKAN HURIP KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Pelatihan perhitungan biaya produksi, penetapan harga jual dan strategi pemasaran ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mitra dalam menghitung biaya produksi berdasarkan pesanan, menentapkan harga jual dan menerapakan strategi pemasaran yang tepat. Lokasi pelatihan dilakukan di tempat usaha perajin tas ransel di Desa Sangkan Hurip Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan studi kasus terapan sebanyak 8 sesi pelatihan pada bulan Februari hingga Maret 2020 dengan durasi 90 menit setiap sesinya. Peserta pelatihan diajarkan materi mengenai konsep dasar biaya dan klasifikasinya, perhitungan biaya produksi berdasarkan pesanan, metode dalam penetapan harga jual dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh mitra dalam menjalankan usahanya. Pelatihan berhasil diikuti oleh mitra hingga selesai dengan tingkat pemahaman yang baik berdasarkan evaluasi pada post-test yang dilaksanakan di setiap pertemuan. Penulis menyarankan agar mitra dapat menerapkan hasil pelatihan ini secara konsisten sehingga dapat mengetahui besarnya laba-rugi yang diperoleh serta dapat meningkatkan usahanya dengan menerapakan strategi pemasaran yang tepat.
Downloads
References
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
BPS. (2019). Profil Industri Mikro dan Kecil. Jakarta: Badan Pusat Statistik
BPS. (2020). Kecamatan Katapang Dalam Angka. Bandung: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung.
Kemenkop. (2020). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN DATA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) DAN USAHA BESAR (UB) TAHUN 2017 - 2018.pdf
Ramdani, D., Merinda, Hendrani, A., & Suherli. (2020). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: CV Markumi.
Republik Indonesia. (2008). UndangUndang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Riwayadi. (2016). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.
Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar: CV Sah Media.
Siregar, B., Suripto, B., Haposro, D., Lo, E. W., Herowati, E., Kusumasari, L., & Nurofik. (2013). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.
Kontan. (2020). Ada 1.785 koperasi dan 16.313 UMKM terdampak pandemi Covid-19. Diakses tanggal 11 Februari 2021 dari https://keuangan.kontan.co.id/news/ada-1785-koperasi-dan-16313-umkm-terdampak-pandemi-Covid-19.