OPTIMALISASI OMZET MELALUI PERENCANAAN PEMASARAN DIGITAL DAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN CUANKI KANG RAFFIE BANDUNG

  • Fia Dialysa SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
  • Mohamad Hadi Prasetyo SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
Keywords: Cuanki, Digital Marketing, Pelatihan Pencatatan Keuangan

Abstract

Progam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan Cuanki Kang Raffie yang terletak di kota Bandung dengan cara pemasaran digital yang optimal dan pencatatan keuangan yang sistematis. Program pengabdian pada masyarakat ini berbentuk pelatihan serta pendampingan pada pelaku usaha untuk melihat hasil dari pembekalan keilmuan manajemen keuangan dan pemasaran di awal kegiatan. Program ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan usaha kecil agar dapat meningkatkan usahanya, serta berujung pada meningkatnya total pendapatan. Masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha diantaranya adalah tidak dilakukannya sistem pencatatan keuangan yang sistematis sehingga berdampak pada tidak terlihatnya marjin keuntungan antara modal dengan biaya yang dikeluarkan. Hal itu juga berpengaruh pada perencanaan pemasaran pada periode berikutnya. Ditambah tidak optimalnya proses komunikasi pemasaran secara digital yang dilakukan oleh pelaku usaha. Objek pengabdian kepada masyarakat ini adalah Cuanki Kang Raffie yang beralamat di Jl. Pasirlayung I No. 2 Bandung. Dengan adanya akun Instagram dan proses pencatatan keuangan yang baik, maka akan tercipta optimalisasi omzet. Sesuai dengan harapan dari pelaku usaha, bahwa dengan adanya pemasaran digital dan pencatatan keuangan yang baik, maka akan lebih mudah merumuskan strategi kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brigham, E.F., dan Houston, J. (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Fahmi. I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: IAI

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management 15e. International Edition. Prentice Hall.

Rosaliana, F., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 139-148.

Shimp, T., A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Stelzner, (2012). How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business. Social Media Marketing Industry Report.

Sulindawati, E.L.N. (2017). Manajemen Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis. Cetakan Kesatu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tujiono, T., & Karneli, O. (2017). Pengaruh Sales Promotiondanservice Qualityterhadap Minat Beli Konsumen Fast Food (Kasus Penjualan Produk Kfcpada Kfc Metropolitan City Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Wardhana, A. (2015, August). Analisis faktor-faktor pembentuk service recovery pada top brand perusahaan penyedia jasa rental mobil di Indonesia berdasarkan persepsi pelanggan korporasi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Sosial, Ekonomi dan Humaniora (pp. 15-22).ISSN 2089-3590. EISSN 2303-2472.

Published
2021-03-30