PENATAAN BRANDING PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK UMKM DI KAMPUNG LAUK – KABUPATEN BANDUNG

  • Heppy Agustiana Vidyastuti SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
  • Henny Utarsih SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
  • Erlynda Yuniarti Kasim SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS
Keywords: Baby Fish, Branding, Digital Marketing, Keuangan Sederhana

Abstract

Usaha D’LA Fish, baby fish terletak di Kampung Ikan/Lauk di Kecamatan Ibun, khususnya Desa Lampegan. Dalam menjalankan usahanya, mereka menghadapi beberapa hambatan seperti terbatasnya kapasitas produksi karena mesin spinner yang rusak, terbatasnya pangsa pasar membuat penjualan stuck, dan permasalahan lain yaitu laporan keuangan yang kurang baik. Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini mempunyai tujuan untuk mengatasi permasalahann ini dengan pemberian spinner, pelatihan penataan branding,digital marketing, dan pembukuan keuangan sederhana dan perhitungan harga pokok penjualan. Dengan diberikan spinner produk baby fish lebih tahan lama dikonsumsi karena tidak cepat tengik, dengan penataan branding dan digital marketing dapat mendukung perluasan pangsa pasar media media social seperti facebook & instagram, sehingga penjualan meningkat. Setelah dilaksanakan program Pengabdian Masyarakat pada usaha tersebut, pemilik usaha Dla Fish, menyatakan bahwa proses produksi menjadi lebih cepat dan pelaksanaan administrasi lebih baik. Ke depan diharapkan dapat melihat peningkatan produktifitasnya secara keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utarsih, H, Vidyastuti, H. A, Fitriani, E. (2017). Pembuatan berbagai jenis barang fungsional yang cantik, menarik,unik eksklusif dari bahan dasar sampah plastik dan pelathan e-marketing.. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, Volume 1 Nomor 2.

Vidyatsuti, H.A, Utarsih, H., Nurfitriana, A (2017). Pembuatan kerajinan “Decoupage, Pelatihan E-Marketing dan Pembauuatan Keuangan Sederhana di Kelurahan Cisaranten Endah kecamatan Arcamanik Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, Volume 2 Nomor 1.

Kotler, P and Keller, K.L. (2016). Marketing Management. 15 th Edition. New York. Prentice Hall. Pearson International edition.

Kotler, P and Armstrong, G. 2018. Priciple of Marketing. 17 th Edition. United States. Pearson International edition

Suryono, E. (2008), Cara Gampang Bikin Bisnis Franchise. Jakarta : PT Buku Kita.

Hantono dan Namira, R.U. (2018), Pengantar Akuntansi, Yogyakarta : CV Budi Utama.

Herdrik, K. (2010), Membuat Report Akuntansi Tanpa Repot dengan Excel (2007, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Duwi, P. (2009), Akuntansi Sederhana untuk UKM dengan MS. Excel, Jakarta : PT Buku Kita.

Tri, W. (2015), Pantangan dalam Bisnis, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
2021-03-30