EDUKASI UNICORN START-UP DI ERA DIGITAL 4.0 SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK UMKM DI KELURAHAN CIWADUK (MITRA GO-JEK)

  • Eva Safaah UNIVERSITAS SERANG RAYA
  • Dentik Karyaningsih UNIVERSITAS SERANG RAYA
  • Eva Fachriyah UNIVERSITAS SERANG RAYA
Keywords: Ciwaduk, Pemasaran Digital, Produk Lokal, UMKM, Workshop

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan, mengedukasi dan membantu para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produk pangan dalam mempromosikan produk makanan lokal secara online bekerjasama dengan Kelurahan Ciwaduk. Metode kegiatan pengabdian yang dilakukan yakni metode study kasus, pengambilan data dengan cara wawancara langsung, observasi langsung di lokasi pengabdian dan dokumentasi kegiatan. Kegiatan pengabdian melibatkan Bapak Lurah Ciwaduk, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Ciwaduk, dan para pelaku UMKM produk pangan Kelurahan Ciwaduk sebanyak 30 orang para pelaku UKM yang bertempat di Kantor Kelurahan Ciwaduk, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Strategi promosi penjualan produk UMKM makanan yang dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi go-jek dengan cara menjalin kerjasama mitra Go-Jek dan mendaftarkan produk pangan yang dihasilkan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah Masyarakat teredukasi melalui pendidikan dan pelatihan nonformal sehingga mampu mempromosikan produk UKM yang dihasilkan secara digital. Membantu meningkatkan kemampuan kreativitas dan keterampilan masyarakat untuk digunakan dalam mempromosikan usaha-usaha baru. Produk lokal hasil UMKM Kelurahan Ciwaduk dapat dikenal masyarakat luas dan menjadi produk unggulan yang bernilai ekonomi, memberikan peluang usaha bagi masyarakat yang ingin memulai usaha makanan, dan Meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, I, Tarmizi, A, November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Vol.1, No.1.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran, Alibahasa, Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 edisi kedua belas terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Reza, F. (2016). Strategi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 4, No. 1.

Siregar, R.R. (2010). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce. http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persainganbisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/. Diakses tanggal 01 Agustus 2011.

Stanton, J. (1991). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Suharo, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Vol. 8, No.2.

Surata, I, N. (2015). Fantastis, pertumbuhan e-commerce di Indonesia Saat Ini. Diakses dari http://www. academia.edu/12166388/Fantastis_ Pertumbuhan_E-Commerce_di_ Indonesia_Saat_ini tanggal 12 Februari 2015.

Yin, K. (2012). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2021-03-30