STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN KERIPIK BAWANG SAKINAH CIMAHI MELALUI PERLUASAN PASAR BAIK ONLINE MAUPUN OFFLINE DAN ANALISIS PENGGUNAAN SDM

  • Henny Utarsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Heppy Vidyastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Wiendy Puspita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas

Abstract

UKM Keripik Sakinah merupakan sebuah industry rumahan keripik bawang yang bertempat di Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Permasalahan utama yang dihadapi UKM ini adalah kurangnya alat untuk menambah kapasitas produksi, terbatasnya pemasaran keripik sakinah, dan belum teraturnya pengelolaan SDM. Solusi yang diberikan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pemberian mesin pengulen adonan kapasista 2.5 kg, pelatihan e-marketing dan pembuatan laporan analisis penggunaan SDM (merancang Job Analysis, Pembuatan Struktur, dan sistem penggajian). Dengan adanya pelatihan dan pendampingan pada UKM Keripik sakinah mengalami peningkatan omzet penjualan karena meningkatnya kapasitas produksi; adanya ekpansi pasar melalui bertambahnya pasar baru baik pasar offline dengan mengikutkan menjadi peserta pada Masyarakat Marketing Indonesia dan pembuatan online marketing dengan adanya Facebook dan Instagram Sakinah di Media Sosial dan pendaftaran UKM Sakinah pada aplikasi go-food pada go-jek; serta SDM keripik sakinah lebih teratur dan terarah dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-25