PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN)

  • Ilma Miftah Izazi Universitas PGRI Madiun
  • Elva Nuraina Universitas PGRI Madiun
  • Farida Styaningrum Universitas PGRI Madiun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan self control sebagai variabel mediasi pada mahasiswa pendidikan akuntansi di Universitas PGRI Madiun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif.Pengambilan sample menggunakan random sampling secara acak sederhana sebanyak 125 mahasiswa. Teknik pengambilan data dengan menyebar angket (kuesioner). Analisis data yaitu outher model dan inner model dengan bantuan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap self control, terdapat pengaruh negatif dan signifikan self control terhadap perilaku konsumtif,dan self control mahasiswa pendidikan akuntansi dapat memediasi pengaruh literasi keuangan pada perilaku konsumtif.

Author Biography

Ilma Miftah Izazi, Universitas PGRI Madiun

Finalist of ASSET

Finalist of ASSET
Published
2020-12-19
How to Cite
Izazi, I., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI MADIUN). Review of Accounting and Business, 1(1), 35-43. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.333

Most read articles by the same author(s)