PENGARUH PENERAPAN BALANCED SCORECARD (BSC) TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PADA BANK BJB KANTOR PUSAT BANDUNG

  • Shela Puspita Dewi
  • Hery Syaerul Homan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengukuran kinerja manajemen, seperti yang diketahui bahwa pada umumnya, perusahaan hanya menggunakan pendekatan keuangan untuk mengukur kinerja perusahaan, namun ukuran keuangan saja tidak cukup untuk mencerminkan bagaimana kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan pengaruh penerapan metode Balanced Scorecard (BSC) secara parsial dan simultan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah keempat perspektif dalam BSC (keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan), sedangkan variabel dependen adalah kinerja manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank BJB Kantor Pusat Bandung dan pelanggan/nasabah Bank BJB. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu sesuai dengan tujuan penelitian dan diperoleh sebanyak 60 responden. Analisis regresi berganda adalah metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada Balanced Scorecard secara parsial berpengaruh terhadap kinerja manajemen dan secara simultan keempat perspektif pada Balanced Scorecard berpengaruh terhadap kinerja manajemen dengan pengaruh sebesar 84%, sedangkan sisanya sebesar 16% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Balanced Scorecard, Kinerja Manajemen, Pengukuran Kinerja

References

Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Penjualan Komputer). Celebs Media Perkasa.
Chusminah, & Haryati, R. A. (2019). Analisis Penilaian Kinerja Pegawai Pada Bagian Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan. Jurnal Sekretari dan Manajemen, Vol.3 No.1, hlm 61–70.
Dipang, L. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, Vol.3 No.2, hlm 1080–1088.
Dwi, B., Wadu, R., & Nopiyanti, A. (2021). Daya Dukung Penta Helix Terhadap Kinerja Manajemen UMKM di Sserang Banten. Deepublish.
Galib, M. (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PT. Bosowa Propertindo. Journal of Management & Business, 2(1).
Hatian, W., & Irawan, W. (2015). The Analysis Of Organization Perfomance Using Balanced Scorecard In PT. Bank Jabar Banten. E-Prosiding Manajemen, Vol.2 No.3.
Hery. (2018). Perencanaan Bisnis. Gramedia Widisarana Indonesia.

https://bankbjb.co.id/files//2021/12/laporan/hubungan-investor/laporan-tahunan-bank-bjb-2019.pdf, diunduh pada tanggal 05 November 2022
https://bankbjb.co.id/files//2022/06/laporan-tahunan-bank-bjb-2021-8.pdf, diunduh pada tanggal 05 November 2022
Jufrizen, & Rahmadani, K. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, Vol.3 No.2, hlm 67–69.
Krismiaji, & Aryani, Y. A. (2019). Akuntansi Manajemen (Edisi 3). UPP STIM YKPN.
Maulana, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, Vol.7 No.2.
Paramansyah, A. (2022). Manajemen Strategis (Strategi, Konsep, dan Proses Organisasi). Almuqsith Pustaka.
Rani, N., Aldo, M., & Thrismono, E. (2022). Analisis Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan di Bank BJB KCP Gatot Subroto . Jurnal Dimamu, Vol.1 No.2, hlm 180–189.
Rukmini. (2022). Pengaruh Konsep Balanced Scorecard Terhadap Kinerja PT. TASPEN (Persero) Cabang Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Pajak, Vol.22 No.2.
Setiawan, T., & Purwanti, A. (2021). Mahir Akuntansi Manajemen (Seri Advanced). Bhuana Ilmu Populer.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV Alfabeta.
Thian, A. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis. Andi Publishing.
Wahyuni, U. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Paramedis Pada Puskesmas Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Wardhana, A., Sari, A., Limigani, Gunaisah, E., Suraso, Mukhsin, M., Noviyanti, Siagian, A., Herawati, M., Sattar, Rinda, R., Harto, B., Fardiansyah, H., & Hasmin. (2022). Manajemen Kinerja (Konsep, Teori, dan Penerapannya). Media Sains Indonesia.
Published
2023-02-28