PENGARUH KARAKTERISTIK PERSONAL AUDITOR TERHADAP PENERIMAAN PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDIT (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

  • Aldi Awaludin Malik
  • Nurul Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik personal auditor yaitu kinerja karyawan, komitmen organisasi dan turnover intention pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung serta mengetahui Pengaruh Karakteristik Personal Auditor terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode probability sampling, artinya penyebaran kuesioner dilakukan secara random ke KAP yang ada di Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada KAP di Kota Bandung. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kinerja karyawan dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap penerimaan perilaku disfungsional audit, sedangkan turnover intention tidak berpengaruh terhadap penerimaan perilaku disfungsional audit. Sementara secara bersama-sama menunjukkan bahwa kinerja karyawan, komitmen organisasi dan turnover intention berpengaruh terhadap penerimaan perilaku disfungsional audit. Kata Kunci: kinerja karyawan, komitmen organisasi, turnover intention, perilaku disfungsional audit.

References

Agoes, S. (2017), Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi 4 Buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Arens. (2014), Auditing and Assurance Service, An Integrated Approach. Fourteen Edition. England: Pearson Education Limited.
Basudewa, dan Lely. 2015. Pengaruh Locus Of Control Komitmen Organisasi, Kinerja Auditor, dan Turnover Intention pada Perilaku Menyimpang dalam Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 13.3. hlm: 944-972.
Basriani, Agustin, Andreas, and Kasman Arifin. 2015. “Pengaruh Karakteristik Personal Auditor Terhadap Penerimaan Perilaku Disfunsional Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di DKI Jakarta).”
Evanauli, Ratna Prasetyoningrum, and Ietje Nazaruddin. 2013. “Penerimaan Auditor Atas Dysfungsional Audit Behavior: Sebuah Pendekatan Karakteristik Personal Auditor.” Jurnal Akuntansi dan Investasi.
Ghozali, I. 2016, Aplikasi Analisis Multivarete dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Munnawaroh, Madinah. 2017. Pengaruh Karakteristik Personal Auditor dan Tekanan Anggaran Waktu terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit ( Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Kota Malang ). 1–18.
Purnamasari, Dina, and Erna Herawati. 2013. “Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman, Pengetahuan Dan Perilaku Disfungsional Terhadap Kualitas Audit.” Jurnal NeO-Bis 7(2): 1–17.
Pertiwi, Dian, Andreas & Nur Azlina .2014. Pengaruh Karakteristik Personal Auditor terhadap Tingkat Penerimaan Penyimpangan Perilaku dalam Audit dan Kualitas Hasil Audit. 70–85.
Setyaningrum, Fina, and Henny Murtini. 2014. “Determinan Perilaku Disfungsional Audit.” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). 4(1): 62–78.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Published
2022-08-31