PENGARUH KEPATUHAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK DAN PEMUTIHAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KEDARAAN BERMOTOR PADA PADA KANTOR SAMSAT PAJAJARAN 1 KOTA BANDUNG

  • Fina Budiarti
  • Hana Fadhilah

Abstract

Objek dari penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak, dan pemutihan pajak sebagai variabel independen dan penerimaan pajak kendaraan bermotor sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak, dan pemutihan pajak terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Pajajaran I Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan asosiasif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pada kantor Samsat Pajajaran I Kota Bandung, metode sampling pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang wajib pajak pada kantor Samsat Pajajaran I Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan hipotesis yang menggunakan uji t dan uji f. Secara simultan pengaruh kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak, dan pemutihan pajak berpengaruh signifikan sebesar 79,6% terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Pajajaran I Kota Bandung, sedangkan sisanya sebesar 20,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, pemahaman pajak, dan lain-lain.. Secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak, dan pemutihan pajak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Pajajaran I Kota Bandung. Kata Kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pemutihan Pajak, dan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor

References

Dwipayana, Dewi, Suryani, (2020). Implikasi Dari Sanksi Administrasi Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Samsat Renon Denpasar.
DDTCNews. Duh, Jutaan Kendaraan di Jawa Barat Masih Tunggak Pajak. Diambil 20 November 2020, dari https://news.ddtc.co.id/duh-jutaan-kendaraan-di-jawa-barat-masih-tunggak-pajak--24010?page_y=808
Ekasari, (2017). Tingkat Efektivitas Penerapan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Daerah (Studi Kasus pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Malang Utara dan Batu Kota). Siti Kurnia Rahayu. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, (2018). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak
Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Makassar.
Mardiasmo, (2016). Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta:Penerbit Andi.
Mardiasmo. Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Andi.
Nyalung, (2020). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Efektifitas Sistem, Perpajakan dan Pendapatan Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Kota Palangka Raya).
Paparang, (2020). Pengaruh Persepsi Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor UPTD PPD di Sangihe Talaud Sitaro di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara).
Peraturan Gubernur Jawa Barat No.973/499-Dispenda/2016. (n.d.). Pemberian Pembebasan Pokok dan Sanksi Administratif Berupa Denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Atas Penyerahan Kepemilikan Kedua Dan Seterusnya, Serta Pembebasan Sanksi Administratif Berupa Denda Pajak Kendaraan Bermotor.
Resmi, Siti, (2017), Perpajakan Teori dan Kasus (Edisi ke 10 Buku 1). Jakarta:
Salemba Empat.
Ridwan Kamil : 40 Persen Warga Bandung Belum Patuh Pajak. Diambil Senin, 13 Maret 2017, dari https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/03/13/omqp93382-ridwan-kamil-40-persen-warga-bandung-belum-patuh-pajak

Rochmat , Soemitro, SH, (2017) Perpajakan Edisi Revisi, Bandung : Refika
Aditama.
Siti Resmi. (2017). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Siti Kurnia Rahayu. (2010). Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siti Kurnia Rahayu. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.
Undang-Undang Republik Indonesia nomer 28. (2009). Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Wardani, Rumiyatun (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul).
Published
2022-02-28