PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Bank Mandiri Cabang Braga Bandung)

  • Annisa Nurliani Afandi
  • Nurul Fatimah
  • Cynthia Riyanti Martana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Organisasi dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi. Tempat Penelitian yang dilaksanakan di Bank Mandiri. Metode kuntitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara variabel yang diteliti. Jumlah populasi berjumlah 760 karyawan dan jumlah sampel sebanyak 35 orang dengan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Organisasi Dengan Budaya Organisasi sebagai variabel moderasi. Kata Kunci : Budaya Organsisasi , Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi , Kinerja Organisasi

References

Afandi, Pandi, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa.
Alannita, Ni Putu dan Gusti Nguah Agung Suaryana. (2014). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu. [skripsi]. Denpasar [ID]: Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 ISSN: 2302-8556.
Astuti, Ni Made Marlita Puji dan Gusti da Bagus Dharmadiaksa. (2014). Pengaruh Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Pemanfaatan dan Kesesuaian Tugas Pada Kinerja Karyawan. Denpasar [ID]: Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.2 ISSN: 2302-8556.
Azhar, Susanto. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan pertama. Lingga Jaya. Bandung.
Damayanthi dan Sierrawati. (2012). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi dan Pengguna Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Riset Akuntansi (JUARA) vol. 2 No. 1 Feb 2012.
Delone dan mclean. (2012). Information System Analysis
Edison, E., Y. Anwar, dan I.Komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Alfabeta.

G.A. Dwi Cahyanti dan I wayan Suartana (2018). Analisis Sistem Informasi Akuntansi, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Ghazali, I. & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariani, D. (2013). Dukungan Manajerial dan Budaya Organisasi untuk Menuju Efektivitas Sistem Informasi, 1(2), 29–36.
https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5d35687d1d283/terkait-kasus-mandiri--ojk-minta-bank-prioritaskan-aspek-perlindungan-konsumen?page=2 diunduh 30 Oktober 2020.
https://bankmandiri.co.id/ diunduh 9 November 2020.
I.g.a dwi cahyanti dan I wayan Analisis Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Organisasi. Journal Akuntansi dan Riset

Latan dan Ghozali (2012), Analisis Partial least Square. Jakarta: Salemba Empat
Mardiasmo. (2017). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.
Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi.Jakarta: Salemba Empat.
Moeheriono, (2014), Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi,Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Panggeso, Novia Fabiola. (2014). Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan Atas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Bank SulSelBar di Makassar.Jurnal Akuntansi Universitas Hasanuddin Makassar.
Riduwan, D. Dan Kuncoro, E. A.(2014), Accounting Information System. Mc Quorum Books.
Rivai, Veithzal. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Romney, Marshall dan Paul John Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketiga Belas.Jakarta: Salemba Empat.
Santoso (2014) Analisis Multivariat . Bandung Alfabeta.
Selamet (2013). Pengantar Manajemen. FE UGM. Yogyakarta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiartini (2016). Analisis Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Organisasi. Journal Akuntansi dan Riset
Wower, Sri Dewi Danu Utami & Ni Luh Sari Widhiyani. (2012). Penilaian Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada SKPD Pemkab Tabanan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Wiguna, (2016) Analisis Sistem Informasi Akuntansi, .E Journal Unsrat
Ni Made Marlita Puji Astuti dan Ida Bagus Dharmika (2014). Analisis Sistem Informasi terhadap kinerja organisasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Published
2021-02-28