Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

  • Rahmat Safar
  • Yuliana Endah Widyaningsih

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 38 perusahaan. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Karakteristik dan kinerja perusahaan yang digunakan adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverege. Hasil penelitian diketahui bahwa umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan literatur akuntansi khususnya tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage

References

Agustami and Hidayat (2015) ‘Pengaruh Profibilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi pada Industri Pulp & Kertas dan Kayu yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013)’, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 3(3).

Amran, A. and Haniffa, R. (2011) ‘Evidence in Development of Sustainability Reporting: a Case of a Developing Country’, Business Strategy and the Environment, 156(February 2010), pp. 141–156. doi: 10.1002/bse.672.

Antaranews (2019) ‘Puluhan Perusahaan Sawit Diduga Tidak Realisasikan CSR. Februari. 18. Diakses Pada Tanggal 19 Maret 2020. https//www.antaranews.com/berita/799740/puluhan-perusahaan-sawit-diduga-tidak-realisasikan-csr’.

Arikunto and Suharsimi (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinike Cipta.

Chariri and Ghozali (2007) Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Deegan, C. (2014) Financial accounting theory / Craig Deegan. 4th editio. JillianGibbsand Rosemary Noble.

Dewi, R. U. and Muslih (2018) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)’, Kajian Akuntansi, 19(2), pp. 212–220.

Dewi, S. P. and Keni (2013) Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Hadi, N. (2011) Corporate Social Responbility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hair, J. F. et al. (1998) Multivariate data analysis.


Henderson, S., Peirson, G. and Harris, K. (2004) Financial Accounting Theory.

Mukhammad Muhaimin, A. W. M. dan J. (2019) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Roa Dan Der Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2016-2018).’, Jurnal Ilmiah Riset akuntansi, 8(9).

Otoritas Jasa Keuangan (2020) www.ojk.go.id.

Sembiring, E. R. (2003) Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Universitas Diponegoro.

Sulthony, Z. . and Adi, S. . (2019) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Universitas Muhamadiyah surakarta.

Untari, L. (2010) Effect on Company Characteristics Corporate Social Responsibility Disclosure in Corporate Annual Report of Consumption Listed in Indonesian Stock Exchange, Jurnal Universitas Gunadarma.
Published
2021-02-28