PENGARUH KEWIBAWAAN DAN KEWIYATAAN TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMKN 1 MAGETAN

  • Icha Ayu Chahyowati
  • Supri Wahyudi Utomo
  • Farida Styaningrum

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kewibawaan dan kewiyataan terhadap hasil belajar dengan minat belajar sebagai variabel intervening merupakan tujuan dari penelitian ini. Unit Analisis dalam melakukan penelitian ini adalah SMKN 1 Magetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, yang menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner kepada responden. Hasil pada penelitian ini adalah 1) kewibawaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar 2) kewiyataan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar 3) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar di smkn 1 magetan. 4) kewibawaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar 5) kewiyataan berpengaruh positif dan signifikan di SMKN 1 Magetan. 6) kewibawaan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan minat belajar sebagai variabel intervening. 7) kewiyataan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan minat sebagai variabel intervening di SMKN 1 Magetan. Keywords: Kewibawaan, Kewiyataan, Minat, Hasil Belajar

References

Abdillah. (2012). Relevansi Kewibawaan dan Kewiyataan dengan Hasil Belajar Siswa.Nadwa.6(2).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=abdillah+relevansi+kewibawaan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DP_m9UzivAMwJ

Darmawan, D.(2014).Metode Penelitian Kuantitatif.cet kedua.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Dasopang, M, D. (2015). Menarik Benang Merah Basis Pendidikan IslamBermartabat.Jurnal Darul’ Ilmi.03(02).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=darwis++menarik+benang+merah&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dvu3qjxuxzgEJ

Febriyanti, C. (2014). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif.4(3).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=febriyanti+peran+minat+dan+interaksi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DNwqiuuP8bPMJ


Mashari, A. (2015). Profil Of High Touch InThe Application Learning Process.Journal Of Guidance and Counseling.5(2).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ali+mashari&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DvHJWkw8gzr8J


Muhlison. (2014). Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul’ilmi.02(02).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=muhlison+guru+proesional&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DmzZw43ElRpAJ

Nasution, M, K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalamPeningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan.11(1).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mardiah+kalsum+nasution&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DF8nHOSZSmFUJ




Nurhasanah, S, & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.1(1).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=siti+nurhasanah+minat+belajar+sebagai+determinan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D52MGJ7_xyoMJ

Puastuti, D, Trisnawati, & Mahfudz . (2018). Pengaruh Kepribadian Guru Agama Terhadap Minat Belajar Siswa.Jurnal Kependidikan Islam.VIII (III)
http://www.researchgate.net/publication/332398195_Pengaruh_Kepribadian_Guru_Aagama_terhadap_Minat_Belajar_Siswa

Sembiring, B, R, & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan.6(1). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sembiring+strategi+pembelajaran&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dij4M6y5TKgJ

Sinta V. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi. 1(1).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=vovi+sinta&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dk97vI4wPEaUJ


Tim Pengembang MKDP. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Umami, Ida. (2014). Aplikasi Kewibawaan dan Kewiyataan Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Wujud Pemahaman Guru Terhadap Hakekat Kemanusiaan Peserta Didik.NIZHAM.3(02).
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ida+umami+aplikasi+kewibawaan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DDBV6k8QKtaYJ
Published
2020-08-31