PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Dila Dwi Febrianti
  • Elva Nuraina
  • Farida Styaningrum

Abstract

Dilakukanya penelitian ini dengan tujuan guna melihat pengaruh kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (studi empiris dalamPerusahaan Manufaktur di Indonesia yang telahterdaftar di BEI). Penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif. Data yang digunakan didapatkan dari sumber data sekunder. Pengambilan data yang dilakukan memakai teknik purposive sampling. Jumlah seluruh populasi yaitu 170 perusahaan sedangkan jumlah sampel yang dipakai 34 perusahaan. Kurun waktu yang digunakan yaitu tahun 2016-2018 jadi total data yang akan di observasi yaitu 102. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakananalisisregresilogistikdenganmenggunakan program IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan memoderasi pengaruh antara kebijakan hutang denganNilai Perusahaan Kata Kunci: KebijakanHutang, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan

References

Apriliyanti, V., Hermi & Vinola H. (2019). Pengaruh kebijakan hutang, kebijakan dividen, penjualan dan pembelian, dan kesempatan investasi terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Jurnal Magister Trisakti, 6(2).201-214.

Dewi, D., & Sudiartha, G. (2017). pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan
pertumbuhan aset terhadap struktur modal dan nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 242635.

Hariyanto, L., & Juniarti. (2014). pengaruh family control, firm risk, Firm size dan firm Age terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada sektor keuangan. Business Accounting Review, 2(1), 141–150.

Herawati, T. (2013). pengaruh kebijakan dividen, kebijakan utang dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen, 2(2), 1–18.

Hidayat,M. (2013). pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, struktur aktiva, pertumbuhan perusahaan,& ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang. Jurnal ilmu manajemen, 1(1), 60231.

Nangoy, S., & Frederik, P. (2015). analisis profitabilitas, kebijakan hutang dan price earning ratio terhadap nilai perusahaan pada perusahaan retail trade yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1242–1253. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.8283

Nuraina, E. (2012). pengaruh kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei). AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 4(1), 51. https://doi.org/10.26740/jaj.v4n1.p51-70

Oktaviani, M., Rosmaniar & Hadi, S., (2019). Pengaruh ukuran perusahaan (SIZE) dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. XVI(1)

Palupi, R. S., & Hendiarto, S. (2018). kebijakan hutang , profitabilitas dan kebijakan dividen pada nilai perusahaan properti & real estate. Jurnal Ecodemica, 2(2), 177–185.

Fitri Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan nprofitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Rizqia, D. A., Aisjah, S., Program, P., & Java, E. (2013). effect of managerial ownership , financial leverage , profitability , firm size , and investment opportunity on dividend policy and firm value. 4(11), 120–130.

Saputra, K., & Ruzikna, I. (2015). pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(2), 242366.

Setiabudi, A., & Agustia, D. (2012). fundamental faktor of firm due to the firm value. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 12651–12659.

Sukriani (2013) kepemilikan manajerial, epemilikan institusional, kebijakan deviden dan kebijakan hutang analisis terhadap nilai perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v1i2.703

Wongso. (2013). pengaruh kebijakan dividen, struktur kepemilikan, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan dalam perspektif teori agensi dan teori agensi dan teori signaling. jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, 1(5), 1–6
Published
2020-08-31