PENGARUH KOMPETENSI APARATUR, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL (Studi pada Pemda Kabupaten/Kota dan Provinsi yang ada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah)

  • Merisa Oktaria Universitas Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan dan sejauh mana proses yang telah dilakukan Pemda Kabupaten/Kota dan Provinsi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 dan menguji pengaruh kompetensi aparatur, pemanfaatan teknologi informasi dan komitmen organisasi terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini mengingat bahwa penerapan akuntansi akrual baru saja diterapkan di awal tahun 2015 oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, oleh karena itu selama masa penerapannya diperlukan aparatur yang kompeten pada bidangnya, teknologi informasi yang memadai dan pemanfaatannya yang optimal serta komitmen organisasi dari bawahan hingga atasan agar penerapan akuntansi akrual ini dapat terlaksana dengan baik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik regresi logistik (logistic regression) karena variabel dependen dalam penelitian ini merupakan variabel dikotomi (dummy). Unit analisis dalam penelitian ini adalah organisasi yaitu Pemda sebagai salah satu entitas yang diwajibkan menerapkan akuntansi berbasis akrual. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang didukung pula dengan wawancara yang ditujukan kepada responden yaitu Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan Pejabat Penatausahaan Keuangan-Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK-SKPD) yang tersebar di 15 Pemda Kabupaten/Kota dan Provinsi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kompetensi aparatur berpengaruh terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual, (2) pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual dan (3) komitmen organisasi berpengaruh terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual. Kata Kunci: akuntansi berbasis akrual, kompetensi aparatur, pemanfaatan teknologi informasi, komitmen organisasi.

References

A, O’brien, James. 2006. Introducing To Information System. Jakarta: Salemba Empat.
Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.
Adventana, Gabriella Ara, 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerintah Provinsi DIY Dalam Implementasi SAP Berbasis Akrual Menurut PP No. 71 Tahun 2010. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Aji Supriono. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Semarang: Salemba Infontik.
Allen, N. J. & J. P. Meyer. 1997. Commitment in The Workplace Theory Research and Application. California: Sage Publications.
Azhar Susanto. 2004. Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Penerbit: Lingga Jaya, Bandung.
Coetzee, M. 2005. Employee Commitment. University of Pretoria etd. http://upetd.up.ac.za/thesis/available/etd.04132005130646/unrestricted/05chapter5.pdf.16 Maret 2015
D.S. Ranuba, Erlita; S. Pangemanan, dan S. Pinatik. 2015. Analisis Kesiapan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010 Pada Dpkpa Minahasa Selatan. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado, ISSN 2303-1174.
Damayanti, Ratna Ayu. 2013. Akuntansi Akrual dan Penerapannya di Sektor Publik: Sebuah Agenda Pembaruan. Jurnal Universitas Hasanudin.
Diamond, Jack. 2002. Performance Budgeting – Is Accrual Accounting Required?. IMF Working Paper. Fiscal Affairs Department.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.
Herlina, Hetti. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Implementasi PP 71 Tahun 2010. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
http://kaltengpos.web.id/berita/detail/21074/mimpi-wtp-tercipta-nya.html.
http://www.antarakalteng.com/berita/230910/sdm-kalteng-dipersiapkan-akuntan-berbasis-akrual
Jurnali, Teddy dan Bambang Supomo. 2002. “Pengaruh Faktor-Faktor Kesesuaian Tugas Teknologi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Akuntan Publik”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 5.No. 2, Halaman: 63-77.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2004 Komite Standar Akuntansi Pemerintahan.
Komite Standar Akuntansi Pemerintah. 2012. Peraturan pemerintah RI No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, Salemba Empat, Jakarta.
Kusuma, Muhamad Indra Yudha. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerapan Akuntansi Akrual Pada Pemerintah. Diponegoro Journal Of Accounting Volume 2, Nomor 3. 2013. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting ISSN (Online):2337-3806
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi.
Mahmudi, 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Martin, E.W., Brown, C.V., DeHayes, D.W., Hoffer, J.A., Perkins, W.C., 2005. Customer Relationship Management, Managing Information Technology (5th ed.). Pearson Prentice Hall, pp. 194-196.
Nunuy Nur Afiah. 2009. Akuntansi Pemerintahan: Implementasi Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah. Jakarta: Kencana.
O’Brien, James A. 2006. Pengantar Teknologi Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Palan, R. 2007. Competency Management: Teknis Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Komptensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. PPM. Jakarta.
Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 26 Tahun 2014 tentang Strategi Kebijakan dan Prosedur Pengelolaan Teknologi Informasi Keuangan dan Aset di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pedoman Perumusan Standar Kompetensi Teknis Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Spencer, M. Lyle and Spencer, M. Signe, 1993. Competence at Work: Models for Superrior Performance. John Wily & Son, Inc, New York, USA.
Suwanda, Dadang dan Hendri Santosa. 2014. Kebijakan Akuntansi Berbasis Akrual Berpedoman Pada SAP. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thompson, Ronald L: Higgins, Christopher A; and Howel, Jane M. 1991. Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quartely
Triandis, H.C. 1980. Values, Attitudes and Interpersonal Behaviour, Nebraska Symposium on Motivation. 1979: Believes, Attitudes and Values, University of Nebraska Press, LincoIn, NE.
Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
www.bpkp.go.id
Wynne, Andy, 2004. Is The Move to Accrual Based a Real Priority for Public Sector Accounting? ACCA.
Published
2019-08-01