PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Jeinab Kurniasari STIE Ekuitas
  • Yane Devi Anna STIE Ekuitas

Abstract

The aims of this study is to determine the effect of CSR disclosure on the firm value of manufacturing companies with profitability and company size as moderating variables, both simultaneously and partially. The research method used is descriptive-verification research method and the analytical method used is a moderated regression analysis with panel data approach. The sample of this research is the financial statements of manufacturing companies in 2016-2018 using purposive sampling method. There are 81 companies that meet the criteria as a research sample. The results of this study indicate that CSR disclosure variables with profitability and company size as moderating variables have a positive effect on firm value. Meanwhile, this research partially shows that CSR disclosure does not have a positive effect on the value of manufacturing companies. Profitability as a moderating variable can moderate the effect of CSR disclosure on the value of a manufacturing company, while company size as a moderating variable cannot affect the relationship of CSR disclosure and the value of a manufacturing company. Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Firm Value, Profitability, Firm Size

References

Agustine, I. (2014), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Manajemen Keuangan Universitas Kristen Petra Vol. 2 No. 1.
Azheri, B. 2012. Corporate Social Responsibility dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Bawafi, M. H., dan Prasetyo, A. (2015), Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi, Jurnal Revisi Akuntasi Keuangan Vol.5 No. 1.
Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariani, P. P. (2017), Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi Vol. 9 No. 2.
Harjoto, M. A., dan Jo, H. (2007), Corporate Social Responsibility and Firm Value The Impact of CSR, Social Science Research Network.
Herawati, T. (2013), Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Negeri Padang Vol. 2 No. 2.
https://nasional.kontan.co.id/news/kinerja-sektor-manufaktur-di-kuartal-iii-2018- masih-ekspansif-tapi-melambat, diunduh pada tanggal 8 April 2019.
Janra, D. M. (2015), Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Tergadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013), Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang.
Karundeng, F., Nangoi, G. B., dan Karamoy, H. (2017), Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikian Manajemen, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016), E-Jurnal Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Vol. 8 No. 2.
Kinasih, Wikan, H., dan Sumaryati, A. (2012), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pasa Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010, Jurnal Ekonomi dan Teknologi Informasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang Vol. 19 No. 1.
Kurnia, D. (2017), Analisis Signifikansi Leverage dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi Vol. 4 No. 2.
Kurniasari, W., dan Warastuti, Y. (2015), The Relationship Between CSR and Profitability to Firm Value In Sri-Kehati Index, Journal of Economic Behavior Vol. 5 No. 1.
Kurniasih, D., Retnowati, W., dan Maulina, D. F. (2014), Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013, Jurnal Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Leki, R., dan Christiawan, Y. J. (2013), Pengaruh Coporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penjualan dan Biaya Operasional Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011, Bussiness Accounting Review Vol. 1 No. 2.
Mardikanto, T. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Murnita, P. E. M., dan Putra, I. M. P. D. (2018), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai Variabel Pemoderasi, E-Jurnal Akuntansi Unuversitas Udayana Vol. 23 No. 2.
Pristianingrum, N. (2017), Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis.
Puspaningrum, Y. (2017), Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia), Jurnal Profita Vol. 2.
Putra, A. A., Kristanti, F. T., dan Yudowati, S. P., (2017), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015), E- Proceeding of Management Vol. 4 No. 3.
Putri, A. K., Sudarma, M., dan Purnomosidhi, B. (2016), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdafatar di Bursa Efek Indonesia), Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol. 14 No. 2.
Rosiana, G. A. M., Juliarsa G., dan Sari M. R. (2013), Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 5 No. 3.
Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Alih bahasa Ichsan Setyo Budi. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, P. Y., dan Priantinah, D., (2018), Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015, Jurnal Nominal Vol. 7 No. 1.
Sartono, A. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Sekaran, U. (2017). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Sudana, I. M. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD). 2005. Corporater Social Responsibility.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Bab IV Pasal 66 dan Bab V pasal 74.
Wardhani (2013), Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen Universitas Bangka Belitung Vol. 12 No. 1.
Wibowo, S. S. A., dan Sabillilah, A. (2016), pengaruh Pengungkapan Coporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekspansi Vol. 8 No. 1.
Yuniasih, N. W., dan Wirakusuma, M. G. (2008), Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Bali.
Published
2019-08-01