TANTANGAN DAN STRATEGI REVITALISASI PROGRAM STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Reni Marlina STIE Ekuitas
  • Terra Saptina Maulani STIE Ekuitas
  • Hery Syaerul Homan STIE Ekuitas
  • Kannya Purnamahatty Prawirasasra STIE Ekuitas

Abstract

Semakin menguatnya persaingan dalam era global, keterbatasan dalam pengelolaan pendidikan tinggi dan perubahan kebijakan pendidikan yang sangat dinamis serta perkembangan revolusi industri 4.0 berdampak terhadap intake mahasiswa baru di program studi D3 Perbankan dan Keuangan. STIE Ekuitas sebagai perguruan tinggi swasta dituntut untuk berperan aktif memikirkan bagaimana program studi dapat bertahan dan memiliki keunggulan kompetitif. Penanganan issue internal dan issue eksternal dengan strategi yang tepat akan mampu mendatangkan keuntungan untuk perguruan tinggi yang diharapkan akan mampu menarik minat calon mahasiswa, juga akan menghasilkan standar lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para stakeholders. Dimulai tahun akademik 2018/2019 terdapat penurunan jumlah mahasiswa baru di prodi D3 Perbankan dan Keuangan sehingga diperlukan peninjauan kembali terhadap peminatan prodi D3 Perbankan dan Keuangan. Hasil dari penelitian skema khusus ini diharapkan dapat memberikan masukan atas penetapkan strategi yang tepat untuk pengembangan prodi D3 Perbankan dan Keuangan. Kata kunci: Diploma, Peminatan, Strategi

References

Antonio & Cardeal. (2012). Valuable, Rare, InInimitable Resources, and Organization (VRIO) resources or Valuable, Rare, InInimitable Resources (VRI) Capabilities: What Leads to Competitive advantage? African Journal of Business Management Vol.6(37).
Barney, Jay B. & Herterly, W. (2012). Strategic Management & Competitive Advantage. Pearson Education, Prentice Hall Publishing
Baur, C & Wee, D (2015), Manufacturing’s Next Act? MCKinsey & Company
Doostar, M., Abadi, M. K. I., and Abadi, R. K. I. (2012). Impact of Brand Equity on Purchase Decision of Final Consumer Focusing on Products with Low Mental Conflict. Journal of Basic and Applied Scientific Research 2(10)10137-10144. ISSN 2090-4304. TextRoad Publication.
Hamalik, O. (2007), Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Herman, M. Pentek T & Otto, B (2016), Design Principles for Industrie 4.0 Scenario, Presented at the 49th Hawaiian International Conference on System Science

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012), Marketing Management 14E, Pearson Prentice Hall, USA, New Jersey Kotler, P. dan Armstrong, G. (2012), Principles of Marketing, Pearson Prentice Hall, USA, New Jersey
Kotler, P. dan Amastrong.(2012), Principal of Marketing 14th Edition. Pearson Prentice Hall

Sukmadinata, N.S. (1998), Prinsip dan Strategi Pengembangan Kurikulum. Jakarta: P2LT Depdikbud

Peter, J.P. dan Olson, J.C. (2014), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jilid 1, ed.9, Salemba Empat, Jakarta
Tjandrawina, R.R (2016) Industri 4.0: Revolusi Industri abad ini dan pengaruhnya, Jurnal Medicinus, Vol 29 Nomor 1, Edisi April
Yulaelawati, E. (2004), Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
Schiffman, L dan Kanuk, L.L. (2010). Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta
Zeithmal, Valerie A., and Bitner, Mary Jo. 2000. Service Marketing: Integrated Customer Focus Across the Firm. Singapore: McGrow Hill
Published
2019-08-01