Analisis Pengaruh Likuiditas, Leverage, Struktur Kepemilikan, dan Operating Capacity terhadap Financial Distress (Studi Empiris Perusahaan Food and Beverage Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

  • Dika Mardova Agustin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rina Trisnawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Liquidity, Leverage, Operating Capability, Ownership, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis pengaruh Likuiditas, Leverage, Struktur Kepemilikan, dan Operating Capacity Terhadap Financial Distress pada perusahaan sektor food and beverage yang terdaftar di BEI periode 2018-2020. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Likuiditas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institurional tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress, sedangkan variabel Leverage dan Operating Capacity berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai literatur dan juga sebagai sumber referensi pada penelitian selanjutnya.

Published
2023-03-15
How to Cite
Agustin, D., & Trisnawati, R. (2023). Analisis Pengaruh Likuiditas, Leverage, Struktur Kepemilikan, dan Operating Capacity terhadap Financial Distress (Studi Empiris Perusahaan Food and Beverage Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Review of Accounting and Business, 3(2), 201-220. https://doi.org/10.52250/reas.v3i2.656