Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

  • Firnanda Farhan Maulana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Endro Suwarno Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Ketepatan Waktu, Laporan Keuangan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 71 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019.  Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Faktor-faktor tersebut kemudian diuji dengan menggunakan regresi logistic pada tingkat signifikansi 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur. Sedangkan likuiditas, profitabilitas dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur.

Published
2022-12-29
How to Cite
Maulana, F., & Suwarno, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Review of Accounting and Business, 3(2), 103-114. https://doi.org/10.52250/reas.v3i2.558