Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dewi Sri Provinsi Jawa Barat)

  • Syifa Nuraini Sahadah
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi dan kinerja karyawan, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan di Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi sebagai variabel independen. Sedangkan kinerja karyawan sebagai variabel dependen.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri) yang berjumlah 32 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian sebanyak 32 pegawai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Ver.25.00.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri). Selain itu bahwa kemampuan variabel sistem informasi akuntansi dalam menjelaskan variabel kinerja karyawan adalah sebesar 59,2%, sedangkan sisanya sebesar 40,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.

Published
2022-08-05
How to Cite
Sahadah, S. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dewi Sri Provinsi Jawa Barat). Review of Accounting and Business, 3(1), 68-86. https://doi.org/10.52250/reas.v3i1.520