Pengaruh Penerapan Loan Management System (LMS) terhadap Non Performing Loan (NPL) pada Bank Bjb

  • Dhea Auliaurrohamani
Keywords: Loan Management System, Non-Performing Loan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan loan management system (LMS) terhadap non performing loan (NPL) pada bank bjb dengan melihat pada 5 tahun sebelum penerapan LMS dan 5 tahun setelah penerapan LMS.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Wilcoxon menggunakan SPSS, analisis ini dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh dengan adanya LMS atau tidak. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan atau annual report. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi / data sekunder dan wawancara kepada narasumber. Populasi dalam penelitian ini yaitu Laporan Keuangan Bank Bjb. Sampel pada penelitian ini adalah NPL pada Laporan Keuangan Bank Bjb tahun 2012 – 2021. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu NPL dari tahun 2012 - 2021.

 Hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan loan management system terhadap non performing loan pada bank bjb.

Published
2023-01-14
How to Cite
Auliaurrohamani, D. (2023). Pengaruh Penerapan Loan Management System (LMS) terhadap Non Performing Loan (NPL) pada Bank Bjb. Review of Accounting and Business, 3(1), 58-67. https://doi.org/10.52250/reas.v3i1.517