Pengaruh Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Aulia Fashion di Kabupaten Jember

  • Muhammad Syarofi Institut Agama Islam Al Falah Assunniyyah Kencong Jember
Keywords: Motivasi, Persepsi, Keputusan konsumen dan Aulia Fashion

Abstract

Aulia fashion meruakan salah satu brand produk perusahaan dalam bidang produksi fashion muslimah, untuk melengkapi kebutuhan style muslimah di Indonesia. Sebagai tangan pertama yang memproduksi produk sendiri dan memenuhi kebutuhan fashion muslimah dengan beraneka jenis pakaian dengan model penjualan level kemitraan, distributor, agen premium dan reseller. Dengan sisi keunikan yang terletak pada pembelian produk sistem arisan yang diakukan seminggu sekali sebesar Rp. 25.000, sistem tabungan setiap bulan sekali sebesar Rp. 50.000-Rp. 100.000 dan sistem hari raya.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan persepsi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk Aulia Fashion di Kabupaten Jember. Metode penelitian ini dngan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus Cochran. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (angket). Analisis data dengan uji validitas dan reliabilitas, pengujian data dengan uji t (parsial), uji F (simultan), uji R2 (koefisien determinasi), dan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung sebesar 3,192 > ttabel 1,980. Variabel persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,961 > ttabel 1,980. Dan variabel motivasi dan persepsi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung 43,707 ≥ Ftabel 3,11. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,474 bahwasannya variabel motivasi dan persepsi terhadap keputusan knsumen pada pembelian produk Aulia fashion di Kabupaten Jember sebesar 47,4% sisanya 52,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Published
2022-12-31
How to Cite
Syarofi, M. (2022). Pengaruh Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Aulia Fashion di Kabupaten Jember. Review of Accounting and Business, 3(1), 1-24. https://doi.org/10.52250/reas.v3i1.499