PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk)

  • Tri Utami Dymas Putri STIE Ekuitas
  • Nurul Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakpastian lingkungan dan strategi bisnis terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen pada sebuah perusahaan perbankan. Dengan menggunakan instrumen kuesioner, dilakukan survey terhadap 30 orang karyawan pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk yang bekerja di bagian keuangan, akuntansi dan bagian lain di level manajerial yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda dan ditemukan hasil bahwa secara parsial, ketidakpastian lingkungan berpengaruh positif terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin perusahaan berada di lingkungan industri yang tidak pasti, kualitas sistem informasi akuntansi manajemennya akan semakin baik. Sementara itu, variabel strategi bisnis ditemukan tidak berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi manajamen. Meskipun demikian, secara bersama-sama kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen.

Published
2021-12-31
How to Cite
Putri, T., & Fatimah, N. (2021). PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk). Review of Accounting and Business, 2(2), 233-248. https://doi.org/10.52250/reas.v2i2.481