ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMASARAN DAN PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SEJAHTERA BERSAMA RITEL INDONESIA DIST. BANDUNG)

  • Hery Haerudin STIE Ekuitas

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi merupakan salah satu sistem yang banyak digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengembangkan usahanya karena sistem ini membantu banyak hal dalam proses operasional perusahaan tersebut. PT. Sejahtera Bersama Ritel Indonesia (SBRI) Distributor Bandung, yang lebih dikenal dengan nama SB Mart, merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan ritel. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seajuh mana efektivitas dan efesiensi sistem informasi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan terkait dengan aktivitas pemasaran dan penjualan yang dilakukan perusahaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan yang dimulai dengan wawancara, analisis data, survey dan tahapan pengujian. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi.. Dengan mengetahui efektivitas dan efisiensi Sistem Informasi Akuntansi yang digunakan, maka PT. Sejahtera Bersama Ritel Indonesia (SBRI) Distributor Bandung dapat menentukan apakah sistem yang dipergunakan masih bisa dipergunakan, atau perlu dikembangkan, dengan cara diperbaiki atau diganti dengan sistem yang baru. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem informasi yang efektif dan efisien untuk aktivitas pemasaran dan penjualan dalam sebuah perusahaan. TKT yang diusulkan adalah Sistem Teknologi telah lengkap dan memenuhi syarat (qualified).
Published
2021-06-30
How to Cite
Haerudin, H. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMASARAN DAN PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SEJAHTERA BERSAMA RITEL INDONESIA DIST. BANDUNG). Review of Accounting and Business, 2(1), 150-160. https://doi.org/10.52250/reas.v2i1.450