ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN E-COMMERCE (Studi: Perusahaan Incumbent Subsektor Retail Trade di Indonesia)

  • Nurhadi Kamaluddin Politeknik Muhammadiyah Tegal

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan profitabilitas jika diukur dengan Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), dan Return on Equity (ROE) pada perusahaan incumbent subsektor retail trade pada periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan incumbent pada subsektor retail trade yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasakan kriteria tertentu, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 4 emiten. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi data sekunder, dengan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis komparatif dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap NPM antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce. Sementara pada ROA, dan ROE tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce.
Published
2021-06-30
How to Cite
Kamaluddin, N. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN E-COMMERCE (Studi: Perusahaan Incumbent Subsektor Retail Trade di Indonesia). Review of Accounting and Business, 2(1), 136-149. https://doi.org/10.52250/reas.v2i1.449