PENGARUH INOVASI DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Empiris Pada UMKM di Kabupaten Rokan Hulu)

  • Azizah Ulfah Universitas Riau
  • Desmiyawati Desmiyawati Universitas Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi dan perencanaan strategi terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang berada di Kabupaten Rokan Hulu terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM yang berjumlah 27.074 UMKM. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 100 UMKM yang dihitung menggunakan rumus Slovin, Sedangkan Kriteria sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer, pengumpulan data dengan mengirimkan kuesioner kepada responden. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 25.0. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Inovasi berpengaruh terhadap Kinerja UMKM, Perencanaan Strategi berpengaruh terhadap kinerja UMKM.
Finalist of ASSET
Published
2020-12-19
How to Cite
Ulfah, A., & Desmiyawati, D. (2020). PENGARUH INOVASI DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Empiris Pada UMKM di Kabupaten Rokan Hulu). Review of Accounting and Business, 1(1), 88-105. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.337